Bikin Wisatawan Nyaman, Gelar Sertifikasi F&B


MALANG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang menggelar sertifikasi Food and Beverage (F&B). Kegiatan yang digelar di Kapal Garden Hotel di Sengkaling Dau itu diikuti 55 peserta.
Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara mengatakan, sertifikasi bertujuan untuk penguatan sumber daya manusia. ”Kegiatan ini digelar bekerjasama dengan  Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata (LSPP) Nasional. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas kompetensi SDM pariwisata ada di Malang Raya,’’ katanya.
Dia mengatakan sengaja menggelar sertifikasi ini untuk Malang Raya lantaran, semuanya saling berkaitan. ”Berbicara pariwisata ini tidak sebatas wilayah Kabupaten Malang, tapi juga Kota Malang dan Kota Batu. Itu sebabnya, agar semuanya saling mendukung, maka sertifikasi inipun pesertanya berasal dari Malang Raya,’’ katanya.
Dia menjelaskan, kualitas SDM yang baik di bidang pariwisata sangat dibutuhkan. Dari kualitas itu juga akan menunjang meningkatnya kunjungan wisata. Ia mencontohkan, salah satu restoran besar, dengan makanan yang enak, tidak akan dikunjungi lagi jika pelayanannya buruk.
”Melalui sertifikasi inilah, diharapkan para karyawan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Karena di sini, kemampuan mereka betul-betul diuji,’’ tambahnya.
Harapannya, dengan sertifikasi ini, kualitas SDM baik untuk karyawan resto maupun hotel meningkat. Sekaligus mereka juga semakin profesional dalam bidang F&B Service.
Sertifikasi F & B Service sebetulnya bukan satu-satunya yang digelar Disparbud Kabupaten Malang. Sebelumnya juga menggelar sertifikasi pemandu pariwisata. ”Kami terus berupaya untuk meningkatkan SDM Pariwisata. Sebagai upaya mendongkrak angka kunjungan wisatawan, khususnya di Kabupaten Malang.
Sementara itu Direktur Utama LSPP Nasional, Drs Yulianto Sochebu MM menegaskan,
dengan adanya sertifikasi ini, maka seluruh pelayanan di resto maupun hotel makin baik dan nyaman. Mulai dari waktu pelayanan, tata cara, hingga sopan santun saat melayani.
”Sertifikasi ini penting, karena menjadi jaminan pelayanan kepada masyarakat. Dimana dengan sertifikasi ini kualitas dan mutu pelayanan semakin bagus, dan karyawan bisa memberikan pelayanan secara profesional,’’ ungkapnya. (ira/van) 

Berita Terkait