Buang Sampah Sembarangan, Jembatan Dipagar


MALANG - Pemerintah Desa Sukolilo, Kecamatan Jabung memasang pagar bambu di sepanjang area jembatan Sungai Tretek Wesi Kidul. Pemasangan pagar ini tak lain untuk mengantisipasi warga membuang sampah di sekitar jembatan maupun di sungai. Selain itu, di atas jembatan juga dipasang banner dengab tulisan karangan membuang sampah.
Sekretaris Desa Sukolilo, Sakim mengatakan, pemasangan pagar dilakukan bersama warga. Karena banyaknya warga yang membuang sampah diarea tersebut. "Minggu (20/1) lalu kami bersama warga melakukan kerjabakti, untuk membersihkan sampah disana. Sampah yang kami kumpulkan sebanyak tiga bak truk," kata Sakim.
Dia mengaku, warga membuang sampah di area tersebut, karena memang tak ada TPS. Ironisnya, menurut Sakim, warga yang membuang sampah tak hanya dari Desa Sukolilo. "Dengan adanya pagar, dan banner larangan itu harapan kami tidak ada lagi warga yang buang sampah di area tersebut," ungkapnya.
Lebih-lebih Sakim yang ditemui di kantor desa ini menyebutkan saat ini sudah ada Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di RW02 desa setempat.  Dijelaskan Sakim, pembangunan TPS di RW02, Desa Sukolilo menggunakan anggaran dari Dana Desa tahun 2018. "Sudah ada TPS yang bisa dimanfaatkan warga untuk membuang sampah. Jagi diharapkan warga tak lagi membuang sampah di sungai ataupun di area jembatan," ujarnya.
Di TPS sendiri sampah tidak ngendon lama. Karena menurut Sakim, petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malang secara rutin mengambil sampah-sampah tersebut. "Kami pemerintah desa ingin menciptakan lingkungan yang bersih. Dimulai dari tak membuang sampah sembarangan. Kami harap, masyarakat juga meningkatkan kesadaran untuk kebersihan lingkungan," tandasnya. (ira/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :