Bulan April, Rusunawa ASN Dapat Ditempati

SELESAI: Rusunawa yang berada di sekitar block office Kepanjen ditargetkan selesai bulan Maret dan dapat dioperasionalkan bulan April.
 
KEPANJEN- Rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Malang, ditargetkan selesai pada bulan Maret nanti. Sehingga awal bulan April 2019, sudah bisa dioperasionalkan. 
“Selambat-lambatnya Rusunawa ASN ini harus bisa dioperasionalkan pada bulan April. Sehingga bulan Maret ini harus sudah selesai,” ungkap Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang, Dr. Ir  Wahyu Hidayat, MM.
Rusunawa ASN ini adalah program bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR). Target awal pembangunan selesai pada Januari 2019. Namun karena ada beberapa faktor, deadline mundur sampai bulan Maret.
“Memang sedikit molor karena ada addendum atau perpanjangan kontrak selama tiga bulan antara pemerintah pusat dengan kontraktor,” ujarnya. Namun, ia memastikan pengerjaan proyek senilai Rp 16,4 miliar tersebut sudah mencapai 70 persen.
Menurutnya, mundurnya deadline pembangunan tidak hanya di Kabupaten Malang. Tetapi dua tempat lain di Jawa Timur, yakni Lamongan dan Surabaya. Permasalahannya karena tender dari pusat ke daerah terlambat turun. 
Selain itu, faktor cuaca beberapa bulan lalu juga kurang mendukung. Lebih lanjut, dosen Planologi ITN itu mengatakan bahwa semua kebijakan yang terkait dengan Rusunawa ASN berada dibawah monitoring pemerintah pusat. 
Mulai dari penentuan pejabat pembuat komitmen (PPK) hingga lelang. “Daerah hanya ketempatan saja. Termasuk mekanisme pengelolaan setelah rusunawa ASN ini selesai dibangun," tuturnya.
Rusunawa ASN di lingkungan Blok Office Kepanjen ini, memiliki empat lantai. Di lantai II, III, dan IV sudah terpasang lantai bermaterial batu marmer. Sekarang sedang proses pemasangan plafon dan lantai.
Bangunan tersebut memiliki kapasitas  48 unit rumah tinggal yang masing-masing memiliki luas 36 meter persegi. Didalamnya terdiri dari satu kamar utama, satu kamar kecil, ruang tamu, kamar mandi, dapur, dan tempat jemuran.
Rusunawa ini diperuntukan untuk ASN Kabupaten Malang yang masih belum memiliki rumah. Mereka yang tinggal tidak perlu menyiapkan perabot. Karena sudah dilengkaip dengan perabotan rumah tangga seperti tempat tidur, lemari, kursi dan perlengkapan meubeler lainnya. (agp/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :