CMC Tiga Warna Sukses Koservasi Diganjar Prestasi


MALANG – Salah seorang pendiri Clungup Mangrove Conservation (CMC) Tiga Warna, Lia Putrinda mendapat prestasi dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP Pancasila). Lia Putrinda termasuk salah satu dari penerima penghargaan kepada 72 putra-putri bangsa terbaik dari berbagai bidang untuk tingkat nasional.
Penghargaan itu diserahkan Presiden Republik Indonesia  Ir H Joko Widodo, di Jakarta, Senin (21/8). Seperti di dalam Instagram @cmctigawarna diposting foto Lia Putrinda usai menerima penghargaan itu. Dalam foto itu terdapat keterangan “Puji Tuhan, ini adalah bonus aras perjuangan selama ini. Salam Konservasi,” tulis Lia Putrinda.
Menurut Ferik Antio, yang juga salah seorang pendiri CMC Tiga Warna, ini merupakan kesuksesan Lia dan timnya selama ini dalam memperjuangkan konservasi. “Pantai Tiga Warna memang kami peruntukan wisata konservasi. Sehingga, untuk berwisata di tempat ini, harus mematuhi peraturan dari kami,” ujarnya.
Dia menjslaskan, setiap wisatawan harus booking terlebih dahulu sebelum berwisata di tempat tersebut. Selain itu, tidak boleh merusak lingkungan dan tidak boleh membuang sampah sembarangan. “Kalau membawa sampah plastik ke pantai ini, kami hitung. Saat keluar dari pantai ini, juga kami hitung kembali,” ucapnya kepada Malang Post.
Menurutnya, konservasi memang diutamakan di tempat itu. Seluruh habitat serta ekosistem laut wajib dilakukan konservasi atau dilindungi. Mulai dari ikan, terumbu karang, hingga penyu. Seperti beberapa waktu lalu, CMC Tiga Warna melakukan perawatan penyu yang sekarat saat ditemukan oleh nelayan di pinggir pantai.
“Konservasi harus memang menjadi tujuan utama kami. Melalui konnservasi ini pula, kami berbuat yang terbaik buat alam utamanya di Pantai Tiga Warna dan sekitarnya,” tuturnya. Dia mengatakan, penghargaan bukanlah tujuan utama. Melainkan keberlangsungan alam melalui koneservasi merupakan tujuan utama yang mulia. (big/bua)

Berita Lainnya :