Desa Mojosari Masuk Lima Besar Lomba PKDRT


KEPANJEN – Desa Mojosari, Kecamatan Kepanjen, masuk dalam lima besar nasional penilaian lomba Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) Tahun 2017. Sedangkan penilaian lapang untuk menjadi yang terbaik tingkat nasional dilakukan tim juri dari pusat, dengan melakukan tinjauan di desa tersebut.
Rombongan tim juri dipimpin Sri Sunarti, SH selalu ketua tim Juri penilai lapang. Kedatangan rombongan tim juri tersebut, disambut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Ir Didik Budi Muljono MT. Selain melakukan tinjauan lapangan dan menilai lomba, tim juri juga melakukan kunjungan ke stand bazaar di desa tersebut.
 “Kami terus melakukan sosialisasi pencegahan kekerasan dalam rumah tangga sejak dini. Hasilnya, angka kekerasan dalam rumah tangga, semakin menurun,”  ungkap Sekda Kabupaten Malang, Ir Didik Budi Muljono MT.  
Dia menjelaskan, khusus di Desa Mojosari, Kecamatan Kepanjen, cukup aktif dalam berperan memberdayakan masyarakat khusunya perempuannya melalui PKK. Melalui peranan PKK pula turut memiliki andil dalam melakukan pencegahan KDRT.
“Sebenarnya seluruh lapisan masyarakat wajib berperan dalam pencegahan kekerasan dalam rumah tangga tersebut,” tuturnya. Dia menjelaskan, selama 2017 Desa Mojosari menerapkan pola persuasif dalam membina masyarakat dalam  pencegahan KDRT. Sebelumnya, Desa ini juga menjadi terbaik tingkat Jawa Timur dalam lomba tersebut. (big/bua)

Berita Lainnya :