Dishub Temukan 75 Titik Parkir Baru


KEPANJEN -  Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Malang mulai mengelola 75 titik baru parkir. Dengan adanya titik baru ini, Dishub mengelola total 725 titik parkir. Dengan penambahan titik baru ini, pendapatan parkir tahun 2019 ini dapat meningkat.
“Sejak pertengahan tahun 2018 lalu kami melakukan pendataan titik parkir baru. Hasilnya ada 75 titik parkir baru,” kata Kepala Dishub Kabupaten Malang, Hafi Lutfi. Ia menjelaskan, tahun 2018, target parkir mencapai Rp 2,35 miliar.
“Target itu dapat terpenuhi. Dengan penambahan titik parkir baru ini, kami yakin ada peningkatan hingga 10 persen dari tahun sebelumnya,” ujar mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang tersebut.
Ditambah lagi dengan tahun 2019, Dishub juga memberlakukan tarif baru. Dia mengatakan, sesuai dengan perda yang sudah disetujui oleh DPRD Kabupaten Malang, kenaikannya hampir sama seperti kota Malang.
Roda dua yang sebelumnya hanya Rp 1.000, kini sudah menjadi Rp 2.000. Sedangkan roda empat yang awalnya hanya Rp 1.500, berubah menjadi Rp 3.000.  “Tarif baru memang belum ada karena setelah perda ini, ada turunan aturan yaitu Perbup,” ungkap dia.
Perbup ini masih diproses. “Begitu turunannya ada, kertas psrkir dicetak, baru kemudian kami sosialisasikan lebih dulu. Selanjutnya kami terapkan,” tambahnya. Disinggung dengan banyaknya tukang parkir yang menarik Rp 2.000 untuk motor, Hafi mengaku sangat menyesalkan.
Dia juga sudah seringkali memberikan sosialisasi kepada petugas parkir agar tetap menarik parkir sesuai dengan tarif yang berlaku.  “Kalau sosialisasi sudah sering kami lakukan. Tapi masih banyak jukir yang bandel,” akunya.
Dishub sudah berusaha untuk memberikan sanksi pembinaan. Hanya saja, upaya itu belum membuahkan hasil. “Kami terus melakukan pembinaan, sosialisasi kepada juri parkir agar menarik sesuai ketentuan,”  ujar Lutfi.
Sementara untuk titik baru parkir, dikatakan Hafi yaitu paling banyak adalah tepi jalan, dan beberapa lokasi di area tempat wisata.  “Untuk parkir insidentil, juga dilakukan pendataan agar juga target tercapai,” tandasnya. (ira/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :