Dukung KSPN, Jalan Gubuklakah Dilebarkan Dua Meter


MALANG – Pembangunan infrastruktur terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Malang. Salah satunya dengan melakukan pelebaran jalan di wilayah Desa Gubuklakah. Infrastruktur di wilayah ini menjadi prioritas, lantaran menjadi pintu masuk ke Kawasan Strategis Parwisata Nasional (KSPN)  Bromo Tengger Semeru.
Kepala Bidang Pemeliharaan, Dinas PU Binamarga, Suwiknyo mengatakan jika pelebaran jalan di Desa Gubuklakah merupakan usulan tahun 2018 lalu. Namun, kegiatan baru dapat dilakukan sekarang karena anggarannya baru ada tahun ini.
Dijelaskan Suwiknyo, pelebaran yang dilakukan tidak semuanya. Selain di area pemukiman warga, pelebaran juga dilakukan di area bukit. ”Jadi bukit yang ada di sebelah kiri atau kanan jalan itu di papras untuk dilakukan pelebaran jalan. Dengan jalan yang lebar, maka akses menuju Gunung Bromo, Tengger dan Gunung Semeru akan lebih mudah,’’ katanya.
Dia mengatakan, akses jalan menuju Gunung Bromo ini dilebarkan dua meter. Sehingga total lebar jalan di Desa Gubuk Klakah menjadi enam meter. ”Kalau yang di area bukit, sebelumnya lebar jalan tiga meter, sekarang menjadi empat meter. Kalau yang dibawah sebelumnya empat meter, sekarang menjadi enam meter,’’ tambah pria berkacamata ini.
Suwiknyo mengatakan, selain di Gubuklakah perbaikan dan peningkatan fasilitas jalan juga dilakukan di beberapa titik jalan lainnya. Diantaranya, di Tumpang dan Poncokusumo dan Pakis. Pembangunan infrastruktur ini untuk mendukung akses menuju Bromo, Tengger, Semeru.
”Selain mendukung Bromo Tengger Semeru, pelebaran dan peningkatan jalan ini untuk mendukung Bandara Abd Saleh. Terlebih tidak lama lagi Bandara Abd Saleh menjadi Bandara Internasional. Termasuk juga ada KEK,’’ ujarnya.
Lebih-lebih tambah Suwiknyo di wilayah Malang Timur ada exit tol. Dengan adanya exit tol tersebut, maka kendaraan yang melintas di wilayah Malang Timur dimungkinkan akan meningkat. ”Harapannya dengan dukungan jalan yang semakin baik, berdampak pada peningkatan jumlah wisatawan. Mereka yang ke Bromo melalui Tumpang, nanti bisa beristirahat di Tumpang atau Poncokusumo. Dengan begitu, kesejahteraan warga di sana (Tumpang dan Poncokusumo) semakin sejahtera,’’ tandasnya. (ira/udi)

Berita Terkait