Gratis Air Bersih Khusus Warga Miskin

 
MALANG – PDAM Kabupaten Malang turut berpartisipasi dalam mengurangi angka kemiskinan. Selain menggeber bantuan bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), kini perusahaan plat merah ini juga memberikan bantuan pemasangan sambungan gratis. Bantuan ini satu paket ketika bedah RTLH bagi warga miskin atau berpengasilan rendah.
Direktur Teknik PDAM Kabupaten Malang, Suroto mengatakan, pemasangan bedah rumah dan sekaligus pemasangan sambungan gratis seperti dilakukan tiap Bina Desa Bupati. Terakhir, pihaknya melakukan bedah rumah dan sekaligus pemasangan sambungan gratis saat Bina Desa di Desa Sukosari, Kecamatan Kasembon.
“Bantuan bedah rumah serta pemasangan sambungan gratis ini harus satu paket. Tetutama di rumah warga kurang mampu yang belum memiliki instalasi air bersih,” ujar Suroto kepada Malang Post. Dia menjelaskan, bantuan pemasangan sambungan gratis itu merupakan bagian dari bentuk tanggungjawab sosial dari PDAM Kabupaten Malang ini.
Menurutnya, hal ini merupakan bentuk dari mendukung program pengembangan air bersih khusus bagi warga miskin. “Sehingga, warga kurang mampu mendapatkan kemudahan dalam air bersih untuk kebutuhan rumah tangga, terutama sanitasi. Selain itu, diharapkan sudah tidak ada lagi aktivitas sanitasi menggunakan air sungai,” tuturnya.
Masih kata Suroto, melalui kemudahan akses mendapatkan air bersih, diharapkan juga meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Selain itu, sekaligus dalam rangka melakukan kampanye pelestarian lingkungan, khususnya melindungi air bersih. Lantaran air tersebut selain untuk sanitrasi, juga digunakan untuk konsumsi.
“Tujuan pemasangan sambungan gratis bagi mayarakat tidak mampu ini terus kami upayakan dapat menjangkau lebih luas lagi,” kata pria ramah tersebut. Lantaran melalui bantuan ini, diharapkan dapat mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Malang. 
Lantaran pengurangan kemiskinan, merupakan salah satu dari tiga prioritas Bupati Malang. Dua lainnya yakni pariwisata dan pelestarian lingkungan hidup. “Diharapkan melalui bantuan tersebut, kesejahteraan dari masyarakat semakin meningkat. Sedangkan muaranya memang ada pada pengurangan angka kemiskinan tersebut,” tutupnya. (big/bua)

Berita Lainnya :