Hari Jadi ke-45 BKM Muslimat Gandeng LAZNAS BMH dan RSI Unisma Gelar Pengobatan


KEPANJEN – Balai Kesehatan Masyarakat (BKM) Muslimat Kepanjen bersama dengan LAZNAS Baitul Maal Hidayatullah menggelar bakti social, berupa pengobatan gratis untuk warga Kepanjen pada Minggu (21/4). Tak kurang dari 400 orang warga sekitar antusias mendatangi pengobatan gratis, sejak dibuka mulai sekitar pukul 07.00 wib.
Pengobatan gratis yang rutin digelar setiap tahun ini, dalam rangka peringatan Hari Jadi BKM Muslimat Kepanjen yang ke-45. Pada pengobatan gratis kali ini, BKM Muslimat Kepanjen memberikan layanan kesehatan, berupa pemeriksaan laboratorium meliputi gula darah, asam urat, kolesterol, gizi, pemeriksaan EKG (Elektro Kardiografi) Jantung, pemasangan KB implan dan umum lainnya.
“Tiap tahun kita mengadakan acara ini, dan sudah berjalan 5 tahun. Tujuan kami agar lebih mengenalkan kepada masyarakat, bahwa banyak layanan yang kita miliki dan cukup lengkap, “ kata Ernis Widya Listanti, Ketua Panitia Baksos Pengobatan Gratis.
Ernis, sapaannya, mengatakan, pengobatan gratis yang ditangani 2 dokter dan 10 tenaga medis dari Unisma ini memberikan rujukan lebih lanjut, bila didapati keluhan pasien yang tergolong berat. Seperti pada baksos pengobatan gratis, terdapat pasien yang mengalami jantung bengkak berdasarkan dari hasil pemeriksaan EKG jantung, sehingga harus dilakukan tindakan rujukan lebih lanjut.
“Ini tadi ada pasien mengeluh sesak, ternyata hasilnya mengalami jantung bengkak berdasarkan hasil dari pemeriksaan EKG jantung yang mengarah ke Kardio Megali (Jantung Bengkak). Biasanya karena faktor awalnya hipertensi. Jadi untuk penanganan kita berikan untuk meringankan keluhan sementara, dan selanjutnya kita rujuk,” ungkap Ernis.
Ernis berpesan kepada seluruh masyarakat agar selalu menjaga pola makan dan rutin melakukan pemeriksaan di layanan kesehatan terdekat. “Khususnya dari diri sendiri harus menjaga pola makan, rutin melakukan pemeriksaan kesehatan dan konsultasi ke pelayanan kesehatan minimal 3 bulan sekali untuk periksa laboratorium,” ajaknya.
Sementara itu, LAZNAS BMH terkesan atas antusiasme warga sekitar dalam mengikuti baksos pengobatan gratis tersebut. Kerja sama dengan BKM Muslimat Kepanjen ini sangat sesuai dengan program yang dimiliki BMH. “BMH juga rutin melakukan layanan kesehatan gratis tiap pekan. Kita berharap kerja sama ini terus berlanjut, tidak hanya saat ini saja tapi berkesinambungan. Terlebih untuk program yang linier dengan program kami, seperti layanan kesehatan seperti ini,” kata Imam Muslim,Manajer Prodaya LAZNAS BMH Jatim.
Kegiatan pengobatan gratis ini juga diapresiasi dr. H. Umar Usman, Ketua Pengurus Cabang NU Kabupaten Malang yang turut menghadiri pengobatan gratis tersebut. “Baksos dalam rangka harlah klinik bertujuan memberikan layanan gratis pada masyarakat. Baksos dibantu LKNU (Lembaga Kesehatan NU) dan PDNU (Perhimpunan Dokter NU). Semoga yang dilakukan klinik menjadikan lembaga semakin berkah buat klinik maupun masyarakat,” ujar dr. Umar. (mp3/sir/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :