Hasil Gotong Royong, Menang Lomba Gapura


PAKIS - Momen Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia  dirayakan oleh setiap warga negara Indonesia. Mereka merayakannya dengan beragam kegiatan, mulai dari tasyakuran, pentas seni hingga lomba lomba. Seperti di Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, juga menggelar rangkaian kegiatan memeriahkan HUT ke 72 kemerdekaan RI.
Rangkaian kegiatan di Sekarpuro sudah dimulai sejak awal bulan Agustus lalu. Seluruh masyarakat di desa ini antusias bergotong royong membenahi gapura desa. Gapura desa yang merupakan pintu masuk menuju perumahan warga, direnovasi semenarik mungkin dengan tema kemerdekaan.
Semangat bergotong royong untuk mempercantik gapura dengan bantuan Camat Pakis dan Petinggi Desa Sekarpuro ternyata membuahkan hasil. Gapura desa Sekarpuro dinyatakan menang lomba gapuro desa yang digelar oleh pemerintah Kabupaten Malang, yaitu raih juara IV dari 372 desa dan 12 kelurahan se Kabupaten Malang.
"Luar biasa dan sangat terkesan, karena masyarakat Desa Sekarpuro ini semangat, guyub dalam gotong royong membenahi gapura desa. Ada lukisan bung karno yang cukup besar di dekat gapura, sangat bagus, dan itu hasil karya warga Sekarpuro ini," ungkap Anwari, Kepala Desa Sekarpuro kepada Malang Post.
Rangkaian kegiatan dilanjutkan sosialisasi dan tasyakuran yang digelar di Kantor Desa, dan di wilayah masing - masing. Menurut Anwari, rangkaian perayaan HUT kemerdekaan RI ini bertujuan agar masyarakat lebih tertanam rasa nasionalisme mereka.Pada kesempatan ini, Pemerintah Desa juga menyampaikan program desa dan sosialisasi bahaya narkoba.
"Sosialisasi tentang bahaya narkoba ini dilakukan karena kita mendeteksi adanya pengaruh dari pemuda luar daerah yang datang di desa kami. Jadi untuk mengantisipasi hal tersebut, kita adakan kegiatan itu," ujar Anwari.
Selain itu saat tasyakuran dan sosialiasi tersebut juga diadakan tahlil dan khotmil Quran. "Saat itu juga saya sampaikan program-program yang kita miliki. Salah satu hal penting yang saya sampaikan adalah mengenai program sertifikat massal dengan biaya yang sangat minim. Bulan September ini sudah dimulai," jelas Anwari.
Menurutnya, dengan mensosialiasikan program yang ada ini diharapkan segala kebutuhan masyarakat dapat terlayani dengan baik di kantor desa. Sementara itu, untuk mengakhiri rangkaian kegiatan perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sekarpuro,  rencananya digelar karnaval pada hari Minggu (27/8) mendatang. (yan/sir/bua)

Berita Terkait

Berita Lainnya :