Ingatkan Persatuan, Jamin Pembangunan Ekonomi


MALANG -  Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mengingatkan warga desa dan masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan agar pembangunan ekonomi berjalan dengan baik.
Ini dikatakannya saat dialog bersama kepala desa di Pendopo Kabupaten Malang kemarin. “Kita sebagai bangsa terbesar, jangan sampai terpecah belah. Harus menjaga persatuan dan kesatuan agar pertumbuhan  ekonomi terus terjaga,” katanya.
Eko, sapaan akrab menteri ini mengajak masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan hal-hal yang bisa memecah belah bangsa. “Apalagi  tidak lama lagi pesta demokrasi digelar. Jangan  sampai harapannya bisa mengubah bangsa lebih baik, jutru membuat kita terpecah belah,” tambahnya.
Dalam sambutannya juga, Eko menyinggung soal dana desa (DD). Empat tahun ini, kata dia, Presiden Joko Widodo telah menggulirkan DD. “Dari program itu, pembangunan di desa sangat luar biasa. Tak hanya pembangunan infrastruktur, tapi juga pemberdayaan masyarakat,” ungkap dia.
Sebab itu, untuk meningkatkan perekonomian, kepala desa juga diminta mengembangkan BUMdes. “Melalui BUMdes, pemberdayaan masyarakat pun dapat tercapai. BUMDes memiliki unit-unit usaha yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Perkembangan wisata meningkat,” terangnya.
Eko menyontohkan BUMDes Desa Pujon Kidul, Pujon yang kini sudah memiliki omzet lebih dari Rp 10 miliar. “Selain meningkatkan pemberdayaan masyarakat, sekaligus meningkatkan pendapatan daerah, baik itu PAD ataupun sektor pajak,” tambah politisi PKB itu.
Dalam dialog itu, Eko menyerahkan bantuan ke desa-desa di Kabupaten Malang. Dia pun berharap, bantuan yang diserahkan melalui perwakilan kepala desa ini, dapat dimanfaatkan dengan baik untuk pembangunan desa lebih maju lagi.
Wakil Bupati Malang, H.M Sanusi mengaku apresiasi dengan pemerintah yang sudah menggelontorkan DD. “Diakui atau tidak, empat tahun DD digulirkan, pembangunan di kabupaten Malang maju lebih cepat, termasuk menurunkan angka kemiskinan,” tegas dia. (ira/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :