Jalan Poros Pakisaji Diperbaiki


MALANG - Upaya Pemkab Malang mengajukan perbaikan jalan nasional sepanjang Pakisaji - Kepanjen, ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapat respon. Jalan poros yang selama ini dikeluhkan oleh masyarakat sudah diperbaiki.
“Perbaikan jalan poros Pakisaji sampai Kepanjen tersebut adalah ranah pemerintah pusat karena merupakan jalan nasional,” ungkap Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, Romdhoni. Namun ia mengakui, perbaikan itu atas usulan Pemkab Malang.
Menurut dia, lambannya penanganan perbaikan jalan oleh pemerintah pusat sangat dimaklumi. Pasalnya perbaikan ruas jalan nasional yang ditangani tidak hanya berada di wilayah Kabupaten Malang saja. Tetapi juga di beberapa daerah.
“Akses jalan nasional di Malang itu, paketnya mulai dari Pasuruan. Sehingga harus dibagi sedemikian rupa, untuk memeliharanya. Tapi sebetulnya yang kita usulkan itu bisa peningkatan. Ada penebalan, ada peninggian,” tuturnya.
Selama ini, kondisi jalan nasional mulai Kebonagung, Pakisaji sampai Kepanjen, memang dikeluhkan oleh masyarakat. Kondisi jalannya rusak dan berlubang. Kendati jalan beraspal, namun kendaraan yang melintas akan terasa seperti berada di jalan makadam.
Pantauan Malang Post, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Ditjen Bina Marga, sudah mulai melakukan perbaikan. Proses perbaikan secara bertahap mulai dengan cold milling hingga penghamparan agregat kelas A.
Panjang jalan yang diperbaiki sekitar 13,26 kilometer. Bentuk perbaikannya, selain menutup dan memperbaiki jalan yang berlubang serta retak, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Ditjen Bina Marga juga meninggikan jalan. (agp/mar)

Berita Terkait