JLS Tahap Dua Tembus Blitar Dibangun Tahun Ini


MALANG - Pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) tahap dua yang menghubungkan Kabupaten Malang dengan Kabupaten Blitar dibangun tahun ini. Kepastian itu didapat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang, Ir Tomie Herawanto.
“Kami sudah memasukan usulan perancanaan pembangunan JLS tahap kedua itu kepada pemerintah pusat. Namun, untuk waktu kapan tepatnya dan tekhnis pembangunannya, yang mengetahui pemerintah pusat,” ujar Tomie kepada Malang Post. Dia menjelaskan, tugas Pemkab Malang hanya sebatas pembebasan lahan.
Pembebasan lahan telah dirampungkan dan kini tengah menunggu pembangunan fisik dari pemerintah pusat. Selain itu, dia menyebut berbagai kebutuhan lainnya juga sudah terselesaikan. Semisal mengenai status tanah yang rencananya akan dilalui JLS.
Selain itu, juga siap memberikan dukungan pembangunan jalan wisata dan jalan desa. “Hal itu sudah kami koordinasikan. Tidak ada kendala seperti tahun lalu saat pembangunan JLS pertama,” kata mantan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Malang ini.
Menurutnya, peta wilayah pembangunan jJLS pun telah tersedia secara lengkap dan terintegrasi dengan berbagai bidang.  Tomie menyebut, peta itu dibuat Bina Marga Kabupaten Malang ini, selain rencana pembangunan Balekambang-Blitar,  juga telah disiapkan rencana pembangunan koridor lainnya.
Seperti akses jalan desa, akses jalan wisata, jalan pertanian, keberadaan jembatan dan kondisi geografis sudah tergambarkan secara lengkap melalui peta tersebut. “Artinya kita siap membantu sesuai dengan tugas kita di daerah dalam berbagai proyek nasional ini,” ungkapnya.
“Apabila selesai tentunya akses wisata di Selatan akan semakin terbuka,” tambah dia. Mantan Staff Ahli Bupati Malang ini melanjutkan, keberadaan JLS tahap dua sepanjang 25 kilometer ini juga membuka akses dalam berbagai bidang.
Selain terbukanya akses wisata, akses pertanian, peternakan dan budidaya ikan serta kelautan juga terbuka lebar. “Sehingga, keberadaan JLS tahap kedua ini nantinya akan menumbuh kembangkan perkonomian masyarakat di sekitarnya untuk mengurangi angka kemiskinan,” pungkasnya. (big/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :