Joko Roro Kabupaten Malang Ikuti Pemilihan Raka Raki Jatim 2019


MALANG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Kabupaten Malang mengirimkan dua perwakilan untuk mengikuti ajang Raka Raki Jatim tahun 2019. Keduanya adalah Ega Calvina dan Bintang Halilintar Kurnia.
Mereka merupakan pemenang Joko Roro Kabupaten Malang tahun 2018. “Mereka terpilih untuk mengikuti ajang Raka Raki melalui seleksi lebih dulu,” kata Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara.
Ditemui di kantor Disparbud Kabupaten Malang kemarin, saat menggelar syukuran persiapan pemberangkatan Joko Roro mengikuti ajang Raka Raki, Made mengaku tidak langsung memilih pemenang Joko Roro untuk mengikuti ajang bergengsi ini.
Tapi mereka yang terpilih adalah yang memiliki point terbaik saat seleksi. “Seleksi sudah digelar sejak Desember 2018 lalu dan  diikuti tiga besar Joko Roro. Dan tahun ini yang terpilih adalah pemenang Joko Roro 2018, yaitu Bintang dan Calvina,” ungkapnya.
Setelah keduanya terpilih, Disparbud Kabupaten Malang dan Paguyuban Joko Roro membentuk tim pemenangan lalu memberikan pembekalan kepada keduanya. Sehingga saat mengikuti ajang Raka Raki nanti, Bintang maupun Calvina dapat menyajikan penampilan terbaiknya.
“Dari hasil seleksi dan pembekalan yang sudah diberikan, kami yakin keduanya dapat tampil dengan baik, dan menyabet gelar Raka Raki Jatim tahun 2019,” tambahnya. Keduanya akan perangkat 15 Maret 2019, dan langsung ikut interview.
Selanjutnya tanggal 16 Maret 2019, mereka akan ikut grand final. Seluruh rangkaian  Raka Raki Jatim 2019 digelar di Taman Candra  Wilwatikta, Pandaan. Sementara itu Calvina, mengaku sangat siap mengikuti ajang Raka Raki Jatim tahun 2019.
Tidak hanya belajar tentang wawasan dan pengetahuan umum, dia juga menyiapkan vlog untuk mendukung nilainya mengikuti ajang tersebut. Menurut Calvina, vlog memberikan  kontribusi 50 persen penilaian. “Saya membuat vlog untuk mengenalkan wisata air,” ujarnya.
“Saya pilih Pantai Bolu-Bolu di Tirtoyudo,” tegas dia. Dalam vlognya yang berdurasi lima menit, mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Brawijaya (UB) ini menampilkan keindahan dan mengenalkan snorkling yang menjadi andalan Pantai Bolu-Bolu.
“Termasuk menampilkan keramahan masyarakat sekaligus ketersediaan penginapan untuk pengunjung,” katanya. Untuk membuat vlog yang oke, dia pun rela harus menginap di area pantai tersebut selama tiga hari. Sementara Bintang, juga mengatakan hal yang sama.
Ia mengenalkan Pantai Lenggoksono dan Pantai Wedi Awu yang juga berada di daerah Tirtoyudo. Di dua pantai tersebut, dia mengangkat surfing dan jet ski. "Tidak hanya buat videonya saja, saya dan Calvina juga ikut surving dan main jet ski,” katanya.
Bintang juga mengenalkan Camping Ground yang menjadi salah satu fasilitas di Pantai Wedi Awu. Dia yakin, vlognya akan memikat para juri saat penilaian nanti. “Kami mohon doa restu dari masyarakat Kabupaten Malang agar dapat menyajikan yang terbaik,” tutupnya. (ira/mar/adv)

Berita Terkait