Kabupaten Malang Tuan Rumah Gebyar FKKPS


MALANG – Kabupaten Malang menjadi tempat terlaksananya Gebyar Forum Komunikasi Kawasan Pantai Selatan (FKKPS). Event tahunan ini rencananya digelar di Lapangan Tumpang, pada akhir Juli mendatang.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara, mengatakan, Gebyar FKKPS ini merupakan event tahunan dari Provinsi Jawa Timur. Sebelumnya event ini digelar di Kabupaten Lumajang. ”Tahun ini digelar di Kabupaten Malang. Rencananya dua hari, dan dibuka oleh Gubernur Jatim,’’ kata Made.
Pria asli Bali ini mengatakan, event ini menjadi kesempatan Kabupaten Malang untuk meneksplor seni budaya. Melalui event ini sekaligus untuk menunjukkan kesiapan Pemerintah Kabupaten Malang terhadap terbentuknya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). ”Tidak lama lagi terbentuk KEK di Singosasri. Untuk seni budaya kami sudah sangat siap, salah satu kesiapan itu nanti ditunjukkan dalam pertunjukan tari saat pembukaan Gebyar FKKPS ini,’’ tambahnya.
Made mengatakan, acara pembukaan nanti, pihaknya menampilkan tari topeng Malangan. Tapi, tari topeng ini berbeda dengan tari topeng biasa. Tapi tari topeng ini ditampilkan secara kolosal, banyak pelaku seni yang terlibat dan berkolaborasi. ”Melalui tarian itu kami ingin menunjukkan, inilah Kabupaten Malang. Sekarang kami sudah mulai persiapan, doakan semuanya lancar,’’ tambahnya.
Made menguraikan, dia memilih Lapangan Tumpang sebagai tempat terselenggaranya kegiatan untuk mengajak daerah-daerah lain lebih mengeksplore wilayah Kabupaten Malang. Event tersebut diharapkan memberikan dampak ekonomi terhadap warga. ”Di Tumpang ada Home Stay yang dapat dimanfaatkan delegasi dari daerah lain menginap. Para delegasi juga bisa bermain ke Bromo, atau ke Pantai Selatan,’’ tambahnya.
Dalam gebyar FKKPS ini, selain penampilan seni dan budaya, peserta juga mengikuti ajang pameran di wilayah. Pameran itu diharapkan mampu menarik perhatian warga untuk datang. ”Nanti ada pameran yang kami persiapkan. Pasti menarik, namanya gebyar, kami membuat kegiatan inipun spektakuler,’’ tandasnya. (ira/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :