Karnaval Panggungrejo Unjuk Kreatifitas Demi Kebhinekaan


KEPANJEN - Warga Desa Panggungrejo, Kepanjen merayakan HUT ke-72 RI dengan mengadakan karnaval kemarin. Karnaval diikuti 1.500 peserta, mulai dari anak sekolah, masyarakat umum dan pejuang veteran.
Mereka meramaikan karnaval melalui unjuk kretifitas dengan tema Kebhinekaan. Karnaval yang diikuti 22 rombongan dari setiap kampung tersebut, dimulai pukul 13.00 dengan start di Lapangan Krapyak hingga finish di Jalan Sumber Panggungrejo.
Ketua Panitia Penyelenggaraan Hari Besar Nasional (PPHBN) Desa Panggungrejo, Sigit Budi Harsono mengatakan acara karnaval ini dimeriahkan oleh hampir semua warga dari tiga dusun, enam RW dan 29 RT yang ada.
“Dengan diadakan karnaval setiap tahunnya, kami ingin menyampaikan pesan persatuan dan kesatuan kepada peserta maupun masyarakat. Sehingga bisa tercipta kekompakan bersama dalam masyarakat,” ujar Budi, panggilannya.
Menurutnya agenda karnaval yang dilaksanakan pemerintah desa ini merupakan salah satu kegiatan istimewa untuk masyarakat. Para peserta harus berjalan sepanjang 3 km dengan kostum dari daerah-daerah di Indonesia.
Meskipun cuaca terik, tidak mengurangi semangat para peserta untuk menyusuri rute karnaval. Selain itu acara juga dihadiri oleh seluruh Muspika Kepanjen. Kepala Desa Panggungrejo, Moch. Herul berharap kegiatan ini menumbuhkan rasa nasionalime kepada seluruh warga.
“Para peserta karnaval juga memperebutkan hadiah berupa tropi juara I, II dan II serta harapan I, II dan III.  Penilaian langsung dari juri dan puncak acara akan diadakan Sabtu (2/9) nanti,” tutup dia. (eri/mar)

Berita Lainnya :