Keterangan Sehat, Bayar Rp 365 Ribu


MALANG - Beberapa minggu terakhir, pemohon surat keterangan sehat jasmani dan rohani di RSJ dr Radjiman Wediodiningrat Lawang meningkat. Sejak Senin (31/12) lalu sampai kemarin, jumlah pemohon surat keterangan sehat jasmani dan rohani mencapai 700 orang.
Mereka tak hanya dari Malang Raya. Tapi juga Pasuruan, Probolinggo, Mojokerto, Sidoarjo serta kota atau kabupaten lain. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani ini, merupakan salah satu syarat penyerahan berkas CPNS yang diterima.
Surat keterangan sehat yang dtentukan sebagai syarat adalah dikeluarkan oleh rumah sakit pemerintah. “Betul. Saat ada pengumuman rekruitmen, banyak yang datang untuk memohon surat keterangan sehat,” kata Kepala Instalasi Rawat Jalan RSJ dr Radjiman Wediodiningrat Lawang, Tri Wulandari S.Kep, Ns.
Dia menjelaskan, untuk surat keterangan fisik, pihaknya mengeluarkan setelah pemohon melakukan pemeriksaan secara fisik. Sementara untuk pemeriksaan psikologi, pemohon wajib melakukan pemeriksaan psikologi, intelegensi dan MMPI.
“Jika pemohon juga memohon surat keterangan bebas Napza, mereka selain mendaftar juga melakukan sejumlah pemeriksaan, seperti tes urin dan pemeriksaan MMPI,” tambahnya. Sejauh ini, dikatakan Tri pemeriksaan kesehatan cukup lancar.
Wanita ini menyebutkan,  surat keterangan sehat  jasmani biaya yang harus dibayar pemohon Rp 57.500. dengan rincian Rp 7.500 pendaftaran, Rp 50.000 pemeriksaan fisik. Sementara untuk surat keterangan sehat rohani, pemohon wajib membayar Rp 365.000.
Sedangkan untuk keterangan bebas napza, pemohon wajib membayar Rp 240.000. “Ada paket untuk surat keterangan sehat jasmani dan rohani. Mereka harus membayar Rp 415.000. Sedangkan untuk surat keterangan sehat rohani dan bebas napza Rp 490.000,” urainya
Sementara paket lengkap, yaitu surat keterangan jasmani, rohani dan bebas napza biayanya Rp 775.000. “Biaya tersebut termasuk pendaftaran dan serangkaian tes baik tes kesehata fisik, kesehatan psikis dan napza,” tandas dia. (ira/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :