Kumpulkan Empat Pemda Awal Februar, Pemprov Dorong Percepatan Tol Wisata!


MALANG – Rencana pembangunan Tol Sukorejo-Lawang-Batu-Kediri diseriusi Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Dinas PU Bina Binamarga Pemrov Jatim segera menggelar rapat koordinasi dengan empat pemerintah daerah. Yakni Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Pemerintah Kabupaten Malang, Kota Batu dan Kabupaten Kediri, untuk membahas tentang percepatan pembangunan tol tersebut.
Hal ini ditegaskan Kepala Dinas PU Binamarga Provinsi Jatim, Gatot Sulistyo Hadi kepada Malang Post, Minggu (27/1). Rencananya rapat koordinasi akan dilaksanakan pada awal Febuari mendatang. Gatot mengatakan koordinasi dilakukan, untuk mendukung percepatan pembangunan tol. Terlebih, saat ini sudah ada dua perusahaan yang memprakarsai pembangunan tol tersebut. Yaitu PT  Surya Majapahit Marga Wisata dan PT Brantas Abipraya.
”Dua perusahaan sudah memprakarsai pembangunan tol, mereka melakukan studi kelayakan, dan hasilnya sudah diajukan ke Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Langkah kami selanjutnya, adalah melakukan koordinasi, dengan daerah-dareah yang dilintasi tol tersebut,’’ ungkap Gatot.
Dia menjelaskan, meski sudah melakukan prakarsa, bukan berarti dua perusahaan itu yang mengerjakan.  Terlebih pembangunan tol ini sistem yang digunakan adalah lelang. ”Pemenang lelang yang nanti mengerjakan. Nah perusahaan yang sudah memprakarsai awal ini bisa jadi menjadi konsultan, apalagi keduanya sudah melakukan prastudi kelayakan,’’ terangnya.
Gatot sendiri belum bisa memastikan kapan pembangunan jalan tol itu terealisasi. Tapi yang jelas, dengan melakukan koordinasi bersama empat daerah, ini akan menjadi dukungan untuk mendorong pembangunan. Karena hasil rapat koordinasi nanti akan langsung  disampaikan ke Gubernur Jatim, dilanjutkan ke BPJT.
”Golnya ada di BPJT. Tapi yang jelas, kami mendorong agar pembangunan tol tersebut terealisasi,’’ tambahnya.

Berita Lainnya :