Kuota Mudik Gratis Dijatah 480 Orang


MALANG - Kabar gembira bagi masyarakat yang menginginkan mudik pada libur Lebaran kali ini, tapi terkendala transportasi. Dishub Kabupaten Malang telah membuka program mudik gratis untuk 480 orang.
Pembukaan mudik gratis sudah dibuka dan nantinya akan ditutup 10 hari menjelang Idul Fitri. Kepala Dishub Kabupaten Malang, Eka Hafi Lutfi mengatakan, trasnportasi mudik yang disediakan adalah bus.
“Kapasitas satu bus sebanyak 60 penumpang. Saat ini pendaftaran masih dibuka, lantaran kuota belum penuh. Jadi, masyarakat masih bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti mudik gratis,” katanya kepada Malang Post, kemarin.
Dia menjelaskan, untuk persyaratannya hanya cukup membawa E-KTP. Masyarakat bisa mendaftarkan diri di masing-masing UPT Kantor Dishub dan di Kantor Dishub Kabupaten Malang. Lutfi menegaskan, tidak ada biaya sepeserpun.
“Masyarakat tak perlu khawatir ikuti program ini,” katanya. Menurutnya, ini program pemerintah yang memberikan akses kemudahan bagi masyarakat untuk mudik pada libur Lebaran tahun ini.
Mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang ini menambahkan, ada beberapa rute mudik gratis yang disediakan. Yakni, Kepanjen-Trenggalek-Ponorogo dan Kepanjen-Sampang.
Kemudian, Kepanjen-Pamekasan-Sumenep dan Kepanjen-Madiun-Ngawi. Rute-rute tersebut dipilih, sesuai dengan keinginan dari masyarakat. “Mayoritas masyarakat berasal dari beberapa kota di Jatim,” terangnya gamblang.
Menurutnya, pemberangkatan mudik gratis itu akan dilakukan 9 Juni 2018 atau satu minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri. “Tujuannya menghindari kemacetan dan waktu yang mepet. Kami imbau masyarakat memanfaatkan program ini dengan sebaik mungkin,” pungkas pria ini. (big/mar)

Berita Lainnya :