Longsor, Jalan Menuju Taji Lumpuh 12,5 Jam


MALANG – Akses jalan menuju Desa Taji Kecamatan Jabung lumpuh selama 12,5 jam kemarin. Penyebabnya hujan deras yang mengguyur kawasan ini menyebabkan sebuah pohon besar tumbang dan tanah longsor yang menutup jalan. Akibatnya kendaraan roda dua dan roda empat tidak bisa melintas di jalan tersebut.
Indormasi yang berhasil dihimpun Malang Post, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 00.30. Hujan lebat di kasawan tersebut membuat pohon tumbang dan tanahnya longsor. Pohon berdiameter 120 centimeter itu berada di tebing pinggir jalan. Sehingga ketika roboh, pohon serta tanah longsor tersebut langsung menutupi jalan.
“Setelah menerima laporan dari desa, kami langsung bergegas menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan,” ujar Humas Tagana Kabupaten Malang Ali Usman kepada Malang Post. Dia menjelaskan, saat penanganan itu, pihaknya dibantu beberapa pihak terkait untuk mengevakuasi bangkai pohon berukuran besar itu.
Dia menyebut yang terlibat dalam evakuasi itu di antaranya, PMI, BPBD, koramil, Muspika Jabung, Polsek Jabung dan Organisasi Perangkat Daerah Pemkab Malang. Seluruh relawan dan petugas langsung melakukan penanganan gotong royong membersihkan material dan bangkai pohon yang menutupi jalan.
“Setelah penanganan dilakukan secara bersama-sama dan bergotong royong, alhamdulillah sekitar pukul 12.30 akses jalan sudah bisa dilalui kendaraan,” terangnya. Dia mengatakan, lamanya proses evakuasi itu, lantaran pohon berukuran besar. Yakni tinggi 15 meter, panjang 20 meter dan menutup badan jalan sekitar 6 meter.
“Selain itu, kondisi geografisnya sangat terjal dan pinggirnya adalah jurang. Sehingga kami harus lebih berhati-hati saat melakukan evakuasi tersebut,” tuturnya. Menurutnya, selain kondisi pohon berukuran besar, kesulitan lainnya adalah membersihkan tanah.
“Saat melakukan penanganan itu, kami bersama warga menggunakan alat seadanya seperti cangkul. Sehingga dibutuhkan waktu lama saat proses evakuasi pohon sekaligus membersihkan tanah itu,” terangnya. Setelah proses evakuasi dan pembersihan selesai dilakukan pukul 12.30 kata dia, akses jalan itu kembali bisa dilalui kendaraan. (big/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :