Makam Mbah Syekh Abdurrachman Direnovasi

PUGAR: Makam Mbah Syekh Abdurrachman, penyebar agama Islam di Pulau Jawa sisi tenggara, yang berada di Desa Jenggolo, Kepanjen dilakukan pemugaran. 
 
KEPANJEN- Makam Mbah Syekh Abdurrachman, di area pemakaman umum Desa Jenggolo, Kepanjen dipugar. Tujuannya untuk memberikan kenyamanan pada peziarah. Renovasi tersebut ditargetkan selesai bulan Maret mendatang.
“Pembangunannya sudah sejak tiga bulan lalu. Kami targetkan selesai pada bulan Maret mendatang,” ujar Kepala Desa Jenggolo, H. Lisdiyanto. Menurutnya, Syekh Abdurrachman, merupakan tokoh agama. 
Berdasarkan cerita Mbah Syekh Abdurrachman, merupakan salah satu Panglima Perang Pangeran Diponegoro. Dulunya ia juga turut menyebarkan ajaran Agama Islam di Pulau Jawa sisi tenggara.
“Setelah perang Diponegoro berakhir pada tahun 1830, Mbah Syekh Abdurrachman beralih tinggal ke Desa Jenggolo. Waktu itu ia menyebarkan agama sampai tutup usia," tuturnya. Mbah Syekh Abdurrachman, kemudian dimakamkan di TPU setempat. 
Diyakini sebagai tokoh agama dan mempunyai aura kharisma, banyak masyarakat yang berziarah untuk mendoakan. Termasuk mengadakan haul pada setiap tahunnya. “Peziarah yang datang tidak hanya dari Malang, tetapi juga luar kota,” ucapnya. 
Lantaran banyaknya warga yang berziarah, akhirnya Pemerintah Desa Jenggolo bersama tokoh masyarakat, bersepakat untuk merenovasi makam Mbah Syekh Abdurrachman. Biaya pemugaran diperkirakan hingga Rp 200 juta. 
Berasal dari swadaya masyarakat dan hasil dari tanah kas desa (tanah bengkok). "Sementara yang dipugar hanya bangunan utama seluas 10 meter persegi. Ke depan akan dilakukan renovasi semuanya," jelasnya, sembari mengatakan luas makam sekitar 25 meter persegi.
Pasca pemugaran nanti, lanjutnya, Pemerintah Desa Jenggolo akan mengajukan ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang untuk bisa dijadikan sebagai salah satu wisata religi di Kabupaten Malang. "Selain wisata religi, setiap tahunnya juga akan ada agenda haul," pungkasnya. (agp/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :