Malang Dipastikan Adem Ayem, Tak Terpengaruh People Power


MALANG - Seruan people power terkait hasil Pemilu 2019, tidak akan terjadi di Malang. Malang Raya, terutama Kabupaten Malang dipastikan adem ayem. Tidak akan ada gerakan apapun. Pernyataan ini disampaikan masing-masing Tim Kampanye Daerah (TKD) Paslon 01 Joko Widodo - Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Paslon 02  Prabowo Soebianto - Sandiaga Uno, saat acara silaturrahmi yang diselenggarakan Polres Malang di Rumah Makan Bojana Puri Kepanjen, Selasa (14/5) petang.
Perwakilan kedua tim memastikan bahwa tidak ada gerakan turun jalan atau people power.
“Insya Allah adem ayem. Beres. Ini kan Arema. Arema itu berjiwa besar. Kalau sudah selesai ya sudah. Kita kembali bekerja. Pak Polisi kembali bekerja, yang TNI juga. Kita baik-baik saja, adem-adem saja lah,” tegas Koordinator Saksi BPN Paslon 02 Kabupaten Malang, Habib Salim Barakwan.
Terkait dengan people power yang diserukan Paslon 02. Salim mengaku tidak tahu soal itu. "Saya tidak tahu. Saya kan di Malang, itu urusan elit politik. Malang adem sajalah, tidak perlu macam-macam," ujarnya.
Apakah ada pendukung Paslon 02 dari Malang yang akan ikut gerakan ke Jakarta? “No coment soal itu. Kita di Malang biasa saja, adem-adem saja," pungkasnya sembari mengaku sedang buru-buru untuk salat Tarawih.
Terpisah, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDI Perjuangan Kabupaten Malang, sekaligus tim TKD Palon 01, Darmadi, mengatakan bahwa penyelenggara Pemilu di Kabupaten Malang sudah berjalan cukup baik. Termasuk kinerja aparat TNI-Polri yang netral, membuat kondisi setelah Pemilu berjalan lancar dan kondusif.
Pemilu sudah selesai, aman dan damai. Mari kita kembali ke habitat masing-masing. Kita bangun Kabupaten Malang bersama-sama untuk menjadi lebih baik lagi,” tandas Darmadi.
Soal people power, Darmadi menambahkan bahwa semua bisa membuat  wacana seperti itu. "Mari serahkan pada penyelanggara yang sesuai perundang-undangan,” katanya.
Sementara acara silaturrahmi yang dikemas dalam acara buka bersama, dihadiri Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, Dandim 0818 wilayah Kabupaten Malang - Kota Batu Letkol Inf Ferry Muzawwad serta penyelenggara Pemilu. Baik KPU ataupun Bawaslu Kabupaten Malang, termasuk perwakilan para peserta partai politik.
Ujung menyampaikan, kedewasaan berpolitik serta demokrasi di Kabupaten Malang, sudah berjalan baik dan penuh kekeluargaan. Sehingga pelaksanaan Pemilu 2019, berjalan lancar, aman dan terkendali. "Tahapan Pemilu yang sangat panjang memang cukup melelahkan. Tetapi berkat kedewasaan berpolitik dan berdemokrasi yang baik, Pemilu berjalan aman, sukses dan kondusif,” terang Ujung.
Ditambahkan, tahapan Pemilu di Kabupaten Malang sudah selesai. Karena ia mengajak seluruh elemen masyarakat, bersama-sama menjaga situasi wilayah Kabupaten Malang supaya tetap kondusif.  "Mari rajut kembali persaudaraan dan kebersamaan kembali. Jangan sampai karena Pemilu yang sebelumnya beda pilihan, menjadikan perpecahan," urainya.
Kalau ada pihak yang tidak terima dengan hasil Pemilu, Ujung berpesan untuk menempuh jalur hukum yang sudah ada. "Silahkan menempuh jalur hukum yang sudah disediakan konstitusi. Bisa ke Bawaslu atau Mahkamah Konstitusi," paparnya. (agp/udi)

Berita Terkait