Masa Kampanye Pilkades, Suasana Desa Adem Ayem


MALANG - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap tiga tahun 2019, di Kabupaten Malang digelar pada Minggu, (30/6) mendatang. Seluruh calon kepala desa (Cakades), sudah melalui tahapan penyampaian visi misi pada Jumat (21/6) lalu. Dan, mulai Minggu (23/6) sampai tanggal 26 Juni ini masuk tahapan kampanye. Hanya saja pantauan di lapangan, suasana masa kampanye tampak adem ayem, hanya beberapa gambar calon yang terpasang di beberapa tempat strategis.
Desa/Kecamatan Wajak, salah satunya yang mengikuti Pilkades serentak. Ada empat calon di Desa Wajak, yakni, Jaenuri nomor urut 01 yang merupakan incumbent. Kemudian, Anwar Sanusi nomor urut 02, Syaiful Mukidin nomor urut 03, serta Aris S nomor urut 04.
Kasturi Siswanto, Ketua Pilkades Wajak, mengatakan persiapan pelaksanaan Pilkades pada 30 Juni mendatang sudah 75 persen. Termasuk logistik mulai dari surat suara juga tidak ada masalah. Tinggal menunggu tahapan serta pelaksanaannya. "Untuk persiapan sejauh ini sudah tidak ada masalah dan kendala. Sebelumnya pada Jumat lalu telah penyampaian visi misi semua calon. Kemudian mulai tanggal 23 Juni sampai 26 Juni masa kampanye," terang Kasturi Siswanto kepada Malang Post.
Ia berharap pelaksanaan Pilkades di Desa Wajak bisa berjalan aman, damai dan tentram. Karenanya menekankan kepada Cakades untuk siap kalah dan siap menang. Termasuk bisa melaksanakan Pilkades dengan demokrasi. "Semoga Pilkades nantinya bisa berjalan sesuai demokrasi. Tidak ada embel-embel money politics. Sehingga proses pelaksanaan Pilkades bisa berlangsung tertib, aman dan damai. Karena tujuannya untuk memajukan Desa Wajak," paparnya.
Terpisah, Jaenuri, salah satu Cakades mengaku sudah dua periode menjadi Kepala Desa Wajak. Ketika Pilkades serentak 2019 ini kembali terpilih, maka menjadi tiga periode. Dalam Pilkades serentak ini, Jaenuri mengaku maju kembali karena ingin melanjutkan pembangunan desa.
Salah satu visi misinya adalah menjadikan Desa Wajak yang lebih maju, subur makmur, aman, damai, adil dan sejahtera. Bersama-sama masyarakat ingin membangun desa secara utuh.
"Untuk persiapan Pilkades kali ini, saya hanya menyiapkan mental. Dan menyatakan siap kalah dan menang, supaya pelaksanaan Pilkades bisa berjalan aman, damai dan lancar," tutur Jaenuri. (agp/udi)