Mundur Satu, Pilkades Sumberpasir Diikuti Tiga Calon


MALANG - Pemilihan Kepala Desa serentak tahap 3 Kabupaten Malang juga digelar Desa Sumberpasir, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Pilkades serentak ini diikuti tiga calon kepala desa. Yakni nomor urut satu Muhdlor, nomor urut dua, Khumaizi dan nomor urut 3, Wahyu Agus S.
"Sebetulnya ada empat calon. Tapi saat melengkapi berkas beberapa waktu lalu, salah satunya mengundurkan diri. Sehingga tinggal tiga," kata Ketua Panitia Pilkades Sumberpasir, Drs H Agus Wachid Irianto.
Agus menjelaskan, sejauh ini untuk persiapan Pilkades di Desa Sumberpasir, Kecamatan  Pakis sudah matang, dan berjalan sesuai jadwal. "Alhamdulillah semuanya sudah matang, sudah sesuai dengan jadwal. Termasuk hari ini para calon juga melakukan kampanye hari terakhir, besok sudah masuk masa tenang," katanya.
Dia menguraikan masa tenang sesuai jadwal dilaksanakan selama tiga hari. Mulai tanggal 26 hingga 28 Juni 2019. "Selama masa tenang, calon tidak boleh melakukan kegiatan kampanye. Termasuk dengan gambar-gambar yang terpasang nanti harus diturunkan semuanya," tambahnya.
Penurunan gambar dikatakan Agus dilakukan oleh para calon. Ini merujuk dari hasil kesepakatan panitia Pilkades dengan para calon. "Kesepakatannya demikian, calon yang melepaskan sendiri seluruh atribut kampanye yang terpasang di jalan-jalan. Intinya, saat masa tenang semuanya bersih," tambah Agus.
Dia menambahkan, pihak panitia akan keliling ke wilayah-wilayah di Desa Sumberpasir. Bila menemukan ada gambar calon kades  masih terpasang, maka panitia akan melepas gambar tersebut.
Pada saat masa tenang, panitia akan melakukan pendistribusian surat undangan untuk pemilih. Surat undangan dibagikan secara doór to door. "Pendistribusian surat undangan untuk pemilih sebetulnya hari ini sudah dilakukan. Tapi belum selesai, dan akan dilanjutkan besok," tuturnya.
Selain pendistribusian surat undangan, panitia juga persiapan membuat TPS. Agus mengatakan untuk Pilkades, hanya satu TPS dibuat, yaitu di Balai Desa Sumberpasir. Tapi, agar keberadaannya menarik, dekorasi TPS akan dibuat secara kreatif. "Konsepnya sudah ada. Tinggal pasang saja," ungkapnya, seraya menambahkan kalau surat suara, sudah siap dan sudah dilipat. (ira/udi)