Pasar Kepanjen dan Krebet Segera Revitalisasi


KEPANJEN - Dua pasar di wilayah Kabupaten Malang akan  direvitalisasi tahun ini karena kondisinya sudah memprihatinkan. Yaitu Pasar Kepanjen dan Pasar Krebet. Hal Ini diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang, Pantjaningsih Sri Redjeki.
Ia  mengatakan revitalisasi dua pasar tersebut menggunakan sumber anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK).  Dijelaskannya, tahun ini Disperindag Kabupaten Malang mendapatkan DAK untuk revitalisasi pasar senilai Rp 2,9 miliar.
“Awalnya kami mengusulkan ke pusat ada empat pasar yang direvitalisasi. Namun hanya dua yang disetujui. Masing-masing pasar, anggarannya Rp 1,45 miliar,” ungkapnya. Anggaran itu sebenarnya cukup minim. Terlebih jika dibandingkan dengan luasan pasar.
“Tapi kita berupaya maksimal agar kedua pasar yang sekarang kondisinya memprihatinkan, bisa baik ke depannya,” tambah dia. Pantja juga menguraikan, pihaknya selalu mengusulkan revitalisasi pasar, dengan menggunakan beragam sumber anggaran setiap tahunnya.
Mulai dari sumber anggaran APBD murni, DAK dan sumber anggaran lainnya. “Berkaca dari pembangunan Pasar Tumpang dan Pasar Sumedang menggunakan APBD murni total Rp 8 miliar. Anggarannya menggunakan system multiyears,” urai wanita ini.
Ia memastikan, revitalisasi tetap menggunakan sistem lelang nantinya.  Sementara itu, selain Pasar Kepanjen dan Pasar Krebet, dua pasar lainnya juga diusulkan revitalisasi dengan sumber anggaran dana tugas perbantuan.
 “Yang kami usulkan adalah revitalisasi Pasar Wajak dan Pasar Dampit. Untuk Pasar Wajak, sudah disurvey sedangkan Pasar Dampit masih dalam proses,” tegas Pantja. Revitalisasi pasar yang terus menerus ini, selain memperbaiki kondisi pasar, sekaligus mempercepat pertumbuhan ekonomi.
Dengan kondisi pasar yang bagus akan menumbuhkan keinginan masyarakat berbelanja di pasar semakin tinggi. Sehingga perputaran ekonomi di pasar pun semakin meningkat. “Tentunya kesejahteraan masyarakat pun juga meningkat. Inilah yang kami harapkan,” pungkasnya. (ira/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :