PGGM 10 Besar Perpusdes Terbaik


MALANG - Perpustakaan Gampingan Gemar Membaca (PGGM) di Desa Gampingan, Pagak, masuk dalam 10 besar nominator Perpustakaan Desa (Perpusdesa) Terbaik di Jawa Timur tahun 2018.  Penilaian lapangan sudah dilakukan oleh tim juri dari provinsi, kemarin siang.
Saat melakukan penilaian, tim juri Dinas Perpustakaan Propinsi Jawa Timur, didampingi staf Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Malang. Hadir dalam penilaian itu, Ketua TP PKK Kabupaten Malang, Hj Jajuk Rendra Kresna.
“Perpusdes PGGM jadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Malang. Perpustakaan Desa Gampingan saat ini sedang berjuang menjadi yang terbaik di Jawa Timur. Jadi, masyarakat Kabupaten Malang harus berbangga diri,” ujarnya.
Dia berharap PGGM bisa menjadi juara. Paling tidak, keberhasilan PGGM merupakan sebuah kebanggaan bagi masyarakat. Istri Bupati Malang Malang, Rendra Kresna ini juga mengimbau keberadaan seluruh perpusdes semakin dimaksimalkan dan terus eksis di masyarakat.
“Perpustakaan jangan hanya ada tapi kuncinya tidak dibuka, perpustakaan harus dikelola dengan baik. Inilah pentingnya perpustakaan desa untuk menumbuh kembangkan minat baca masyarakat di desa,” terangnya.
Menurut dia, lomba perpustakaan desa,  merupakan strategi pemerintah untuk terus menstimulus para pengelola pada awalnya, agar bisa lebih profesional dalam urusan perbukuan. Diharapkan, akan lahir para pengelola perpustakaan di desa yang handal.
“Muara dari lomba ini akan berdampak positif dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat di sekitarnya dalam budaya membaca buku,” jelasnya. Sehingga, masyarakat terutama anak-anak semakin antusias datang ke perpustakaan desa untuk membaca buku. (big/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :