Polres - Pemkab Kerjasama Kawal Bantuan Sosial


KEPANJEN - Dalam upaya pengentasan kemiskinan, Kemensos RI menggandeng Polri untuk pengawasan pencairan bantuan sosial (bansos). Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita, menggelar vidcon untuk seluruh polres dan polda di penjuru nusantara.
Polri dan Mensos mendelegasikan tugas pengawalan bansos di daerah, kepada eksekutif dan yudikatif daerah. Dinsos Kabupaten Malang dan Polres Malang, wajib mengawal proses pencairan bansos ke seluruh pelosok Kabupaten Malang. Tujuannya agar tepat sasaran dan tidak diselewengkan.
“Bantuan sosial pemerintah pusat ataupun daerah memang sangat perlu perhatian. Harus ada pengawasan serta ketepatan sasaran. Karena itu, sinergitas seluruh lembaga pemerintah dan masyarakat,” ungkap Wakil Bupati Malang, H.M Sanusi kepada wartawan.
Dia menyebutkan, Mensos dan Polri menandatangani nota kesepahaman. Ruang lingkup nota kesepahaman tersebut mencakup pertukaran data dan informasi, bantuan pengamanan, penegakan hukum, dan kerja sama lain yang disepakati.
Menurut Sanusi, kerja sama polisi daerah dan pemerintah daerah penting untuk menjaga akurasi data penyaluran bansos. “Kepolisian sangat erat dengan kebutuhan akurasi data untuk kondisi setiap penduduk miskin yang akan dituju untuk memenuhi kriteria layak dan tidaknya menerima bantuan,” tambah dia.
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Malang, Nur Hasyim, SH, M.Si menyampaikan tercatat penurunan angka kemiskinan mencapai satu persen dari 739.158 orang. “Jika ada keterangan kemiskinan, kami akan lakukan langkah pencegahan hingga penindakan,” tambahnya. (fin/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :