Rp 51 Juta Untuk Perawatan Mobil Damkar


MALANG – Sejumlah mobil pemadam kebakaran yang kondisinya rusak, akhirnya diperbaiki. Itu setelah Bidang Pencegahan, Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PPBK) Satpol PP Kabupaten Malang mengganggarkan dana sebesar Rp 51 juta untuk melakukan perawatan serta perbaikan enam mobil pemadam kebakaran.
Kepala Bidang (Kabid) PPBK Satpol PP Kabupaten Malang Goly Karyanto mengatakan, berbagai upaya akan dilakukan untuk melakukan perawatan mobil damkar. “Keberadaan mobil damkar memang sangat penting. Saat ini sudah ada empat mobil yang siap, sedangkan dua masih diperbaiki,” ujarnya kepada Malang Post kemarin.
Dia menjelaskan, pada akhir bulan ini ditargetkan satu mobil damkar lagi selesai diperbaiki. “Akhir bulan ini saya target lima unit mobil telah siap digunakan dalam kondisi sehat,” tegasnya. Pihaknya berkomitmen untuk terus memperbaiki mobil damkar. Lantaran keberadaan mobil damkar sangat penting dalam menanggulangi kebakaran.
Apalagi dia menyebut masyarakat sangat membutuhkan keberadaan mobil damkar dalam keadaan prima. Mengingat Kabupaten Malang memiliki wilayah sangat luas. Sehingga potensi terjadinya kebakaran sangat tinggi dan dapat terjadi sewaktu-waktu. Maka dari itu, dibutuhkan mobil pemadam kebakaran untuk mengatasi kebakaran.
“Setelah selesai diperbaiki, nantinya keberadaan mobil damkar ini akan dikembalikan sesuai dengan posnya masing-masing,” tutur pria ramah ini. Dia menjelaskan, ada dua pos penempatan mobil damkar. Yakni di Kota Kepanjen untuk mengcover wilayah Malang selatan dan Pendopo Agung Kabupaten Malang yang mengcover wilayah utara.
Hal ini untuk mempermudah penanganan terjadinya kebakaran untuk mengcover seluruh wilayah Kabupaten Malang. Masih kata Goly, biaya perawatan yang sudah tersedia tersebut akan dimaksimalkan. Sedangkan rinciannya yakni untuk biaya servis enam mobil damkar dianggarkan Rp 9 juta dan pengganti spare part Rp 30 juta. Sedangkan untuk biaya ganti olie, masih kata Goly, dianggarkan sebesar Rp 12 juta.
“Seluruh anggaran perawatan ini digunakan sepanjang satu tahun” imbuhnya. Selanjutnya, dia optimis dengan upaya perbaikan yang telah dilakukan ini membuat kinerja mobil damkar semakin optimal.(big/lim)

Berita Terkait