magista scarpe da calcio Semua Alat Kesehatan Wajib Diuji dan Dikalibrasi


Semua Alat Kesehatan Wajib Diuji dan Dikalibrasi


KEPANJEN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, mendapatkan izin Operasional UPT Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan dari Kementerian Kesehatan, kemarin. Itu artinya, Dinkes Kabupaten Malang menjadi satu-satunya daerah kota atau kabupaten yang berhak melakukan pengujian alat kesehatan, sebelum digunakan.
Kepala Dinkes Kabupaten Malang dr H Abdurachman MKes mengaku bangga dengan diraihnya izin operasional tersebut. “Untuk tingkat kota maupun kabupaten, baru Kabupaten Malang yang mendapat izin operasional ini. Sedangkan tingkat provinsi, hanya NTB, yang memeroleh izinnya,” ujarnya kepada Malang Post.
Dia menjelaskan, dengan diraihnya izin operasional ini, seluruh alat kesehatan di Kabupaten Malang wajib menjalani proses pengujian serta kalibrasi. “Sebelum digunakan, sudah seharusnya seluruh alat kesehatan itu diuji. Sehingga alat kesehatan itu berstatus layak digunakan sesuai standar yang ditetapkan,” kata Gus Dur sapaannya.
Menurutnya, dengan adanya UPT Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan ini, para produsen pembuat alat kesehatan wajib melakukan pengujian di UPT tersebut. Seluruh alat kesehatan wajib mengikuti proses pengujian, sebelum dijual maupun digunakan. Sehingga, alat kesehatan itu berstatus layak digunakan dan aman bagi masyarakat.
“Adanya UPT ini bertujuan untuk melindungi masyarakat serta pasien. Sehingga, alat kesehatan yang digunakan itu benar-benar aman serta terstandarisasi,” kata Gus Dur. Dia mengatakan, mungkin saja ada alat kesehatan yang tak layak pakai. Sehingga membahayakan keselamatan masyarakat maupun pasien.
“Setelah melakukan pengujian melalui UPT ini, maka alat kesehatan tersebut mendapatkan sertifikasi kelayakan pakai dan terstandarisasi,” terangnya. Lanjut Gus Dur, begitu pula dengan berbagai alat kesehatan yang dijual, wajib melalui proses pengujian.
“Sehingga, masyarakat yang ingin membeli alat kesehatan, bisa mengecek ada register telah memenuhi persyaratan dan lolos uji melalui UPT Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan,” papar Gus Dur.  Apabila ada alat kesehatan yang belum mendapatkan lisensi itu, masyarakat diimbau jangan membeli dan beralih ke produk yang telah teruji. (big/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top