Sumber Ubalan, Potensi Wisata yang Belum Maksimal


DAMPIT - Desa Pamotan, Kecamatan Dampit memiliki tempat wisata air yang masih belum dimaksimalkan dengan baik oleh Pemerintah Desa. Wisata tersebut adalah Sumber Umbulan yang lokasinya sekitar dua kilometer dari pusat Kecamatan Dampit. Tepatnya berada di Dusun Umbul Rejo.
Sumber Umbulan yang baru beberapa tahun diperbaiki perlahan mulai menjadi wisata pemandian yang sering dikungjungi oleh wisatawan, utamanya Kecamatan Dampit. Selain itu, Sumber umbulan juga terkenal akan wisata sumber mata airnya yang segar, jernih dan alami.
Sekretaris Desa Pamotan, Gatot Sudarmanto menjelaskan, sumber mata air yang telah ada sejak lama tersebut juga memiliki nuansa pegunungan. Sehingga mampu menyedot wisatawan untuk berkunjung di akhir pekan.
“Tempat wisata sumber air tersebut tidak hanya dimanfaatkan sebagai tempat wisata, tetapi untuk pengairan pertanian dan dimanfaatkan oleh PDAM Kabupaten Malang,” ujar Gatot kepada Malang Post.
Gatot mengakui, jika saat ini wisata Sumber Umbulan dikelola secara bergantian oleh masyarakat desa dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat. Sehingga pengelolaan oleh desa masih dalam tahap perencanaan untuk pengembangannya.
Selain itu para wistawan yang datang ke tempat wisata itu hanya memiliki satu kolam dengan kedamalan sekitar 2,8 meter dan masih belum dikenakan tiket masuk. Kecuali untuk hari libur wistawan yang datang dikenakai tariff Rp5000 tiap sepeda motornya.
Gatot menambahkan, untuk fasilitas yang ditawarkan, Sumber Umbulan yang memiliki luas satu hektar itu terdapat deretan warung yang menjual makanan, wc umum dan areal parkir yang sangat luas dan beberapa spot foto dengan latar belakang taman bunga. Para wisatawan akan disuguhi pemandangan perbukitan dan pohon rindang yang membuat udara di sekitar sumber menjadi sejuk dan segar.
Dengan keadaan tempat wisata yang belum maksimal tersebut, Gatot berharap ada perhatian dari pihak PDAM Kabupeten Malang untuk memperbaiki akses jalan menuju lokasi. “Kita berharap ada bantuan dari PDAM Kabupaten Malang untuk memperbaiki akses jalan, sehingga Sumber Umbulan bisa menjadi wisata alternatif bagi wisatawan. Selain itu, dengan banyaknya wisatawan yang datang juga dapat memberdayakan masyarakat desa,” pungkasnya. (eri)

Berita Lainnya :