Tak Tertampung, Air Irigasi Genangi Jalan


MALANG -  Hujan yang mengguyur wilayah Malang Raya sejak Minggu (10/2) sore lalu memberikan dampak. Salah satunya adalah meluapnya air dari saluran irigasi di Jalan Anggodo, Desa Mangliawan, Pakis.
Akibatnya air pun menggenangi jalan hingga setinggi 15 centimeter. Supeno salah satu warga mengatakan, air dari saluran irigasi itu meluap saat hujan deras mengguyur. “Volume air meningkat tak tertampung oleh saluran irigasi,” katanya.
Kondisi ini bukan kali pertama terjadi. Tapi hampir setiap hujan deras mengguyur air selalu meluap dan menggenangi jalan. “Dulu pernah lebih tinggi dari ini,” ungkap pria yang kesehariannya bekerja sebagai petani ini.
Supeno pun menyebutkan, jika meskipun bukan jalan protokol, genangan air tersebut menganggu arus lalulintas. Kendaraan yang melintas harus berjalan pelan. “Yang kasihan kalau anak-anak sekolah. Sering sepatu atau seragamnya basah,” urainya.
Sementara itu Camat Pakis, Firmando Hasiholan Matondang membenarkan adanya genangan air di Jalan Anggodo. Dia pun menjelaskan, penyebab genangan air adalah meluapnya air saluran irigasi karena meningkatnya volume air.
“Saluran drainase tak menampung air dengan volume yang meningkat, sehingga meluap ke jalan,” ungkapnya. Mando begitu Firmando akrab dipanggil mengaku jika air tak sampai pada pemukiman warga. “Tadi malam (minggu) agak tinggi, tapi sudah menyusut,” tandasnya. (ira/mar)

Berita Terkait