Tarik Minat Pemilih, Pakai Kostum Wayangan


MALANG - KPPS di Kabupaten Malang berlomba-lomba menampilkan suasana TPS yang unik, untuk menarik minat pemilih. Salah satunya yang dilakukan petugas KPPS di TPS 04, Jalan Raya Karangduren Gang 3 Pakisaji. Seluruh petugas KPPS, memakai kostum wayangan.
Ketua KPPS TPS 04, Rangga Romadhan, mengatakan bahwa penampilan unik dengan memakai kostum wayangan ini, adalah tradisi yang turun temurun. Setiap kali ada Pemilu, selalu menampilkan kostum unik Wayangan.
"Tujuannya, selain menarik minat masyarakat datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya, juga melestarikan budaya supaya tidak luntur," ucap Rangga Romadhan.
Diakuinya, bahwa saat ini, generasi Millenial terutama anak-anak muda, mulai lupa dan meninggalkan budaya daerah. Wayang, merupakan budaya tradisional yang harus terus terjaga kelestariannya. Dengan kostum wayangan yang dipakai, sekaligus untuk lebih mengenalkan lagi budaya tradisional.
"Anak muda sekarang sudah terpengaruh dengan dunia gadged. Karenanya, dengan memakai kostum wayangan ini, kami ingin anak muda bisa melestarikan budaya supaya tidak luntur," jelasnya.
Tanggapan masyarakat dengan kostum wayangan inipun, sangat bagus. Terbukti sejak pagi sampai siang, antusias pemilih yang datang sangat banyak. Masyarakat antre untuk menunggu giliran mencoblos.
"Kalau petugas KPPS di TPS saja semangat dengan menampilkan kostum wayangan, maka masyarakat sangat antusias sekali datang ke TPS. Apalagi satu suara kita, menentukan nasib Indonesia 5 tahun ke depan," ucap salah satu pemilih.
Di TPS 04 ini, jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 255 orang. Terdiri dari 126 pemilih perempuan, dan 129 pemilih laki-laki. Sampai pukul 10.30, jumlah pemilih yang datang ke TPS pun sudah lebih dari 60 persen.(agp)

Berita Lainnya :