Tim Balar Pasang Tali di Situs Sekaran

Tim Balar Yogyakarta mendatangi Situs Sekaran untuk melakukan penjajagan, yang akan dilakukan hingga Senin (15/4) mendatang
 
Lakukan Penjajagan
PAKIS- Empat orang dari tim Badan Arkeologi (Balar) Yogyakarta mendatangi Situs Sekaran di Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kamis (11/4). Mereka datang ke lokasi situs ditemani mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM).  "Istilahnya penjajagan. Jadi kedatangan kami untuk melihat, dan mengidentifikasi lebih detail temuan-temuan yang sudah ada," kata Ketua Tim Penjajagan dari Balar Yogyakarta, Herry Priswanto, kemarin.
Dia mengatakan, sebelumnya sudah mendapatkan review hasil ekskavasi dari BPCB (Badan Pelestarian Cagar Budaya) Jatim. Hasil ekskavasi itu yang menjadi acuan tim Balar untuk memperdalam identifikasi situs Sekaran. "Intinya kami meneruskan ekskavasi dari BPCB," ungkapnya. 
Rencananya, penjajagan ini dilakukan hingga Senin 15 April 2019 mendatang. Herry menyebutkan, langkah awal penjajagan dilakukan dengan membuat grade lebih dulu. Di area situs lebih dulu dipetak-petak. Itu untuk memudahkan identifikasi lebih detail.
Menurut Herry, temuan pondasi atau struktur bangunan di area Situs Sekaran semuanya masih belum jelas. Sehingga diperlukan data tambahan untuk membuat itu semakin jelas. Dia juga mengatakan, dari hasil ekskavasi BPCB ditemukan ada lima struktur bangunan. Tapi lima struktur itu belum bisa disimpulkan bentuknya.  "Itu sebabnya kami disini, menggali cerita dan sejarah, dari temuan-temuan tersebut," ungkap Herry, seraya menambahkan, jika dalam penjajagan tersebut, masih menggunakan alat manual dan dibantu mahasiswa UM.
Sementara itu, dari pantauan Malang Post, tim Balar Yogyakarta, terlihat melakukan pengukuran dan memasang tali-tali. Pemasangan tali sementara ini mengacu pada hasil ekskavasi BPCB.
Selama tim ini datang, mereka juga didampingi oleh perangkat Desa Sekarpuro, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kabupaten Malang.
Kegiatan penjajagan ini hanya dilakukan hingga pukul 13.00. karena hujan turun sangat deras. Mereka akan melakukan penjajagan lagi Jumat (hari ini, red.). (ira/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :