Tol Wisata Percepat Pembangunan Daerah


MALANG – Pemkab Malang menegaskan bahwa realisasi tol wisata Sukorejo-Lawang-Batu-Kediri adalah memajukan daerah. Dinas PU dan Binamarga (DPUBM) Kabupaten Malang memberikan dukungan penuh terhadap pembangunan tol Sukorejo-Lawang-Batu-Kediri. Pihak DPUBM juga siap jika sewaktu-waktu, pihaknya diajak melakukan koordinasi terkait dengan percepatan pembangunan.
Hal ini ditegaskan Kepala DPUBM Kabupaten Malang, Romdhoni, ditemui Malang Post usai mengikuti rapat evaluasi kinerja di Pendopo Agung Kabupaten Malang, kemarin.  Romdhoni mengatakan, jika pembangunan tol Sukorejo-Batu-Kediri ini, bukan sekadar untuk mengurai kemacetan. Tapi tujuan dari pembangunan tol ini tak lain untuk percepatan pembangunan, memajukan daerah.
”Memang pembangunan tol terealisasi, kami sangat mendukung, karena pembangunan ini tujuannya adalah untuk percepatan pembangunan,’’ urainya.
Dia mengatakan, jika pembangunan tol Sukorejo-Lawang-Batu-Kediri ini terealisasi, maka juga mendukung suksesnya pembangunan Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Singosari. ”Investor tidak akan ragu datang, untuk mengembangkan usaha di Malang Raya, karena akses jalan yang sudah mumpuni. Dan dengan tol Sukorejo-Lawang-Batu-Kediri ini sangat mendukung pembangunan KEK Singosari,’’ tambahnya.
Romdhoni sendiri mengaku tahu Tol Sukorejo-Lawang-Batu-Kediri dibangun tol dari media. Ya itu karena sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Malang tak pernah dilibatkan dalam pembahasan. Sekalipun, trase yang dilewati tol Sukorejo-Lawang-Batu-Kediri, juga melewati wilayah Kabupaten Malang.
”Kalau dulu rencananya kan dibangun jalan tembus, yang diinisiasi oleh Pemrov Jatim. Tapi ya itu, meskipun tim dari Pemprov melakukan survei lokasi trase, namun kami tak pernah diajak. Sehingga kami pun tidak paham, untuk trasenya,’’ ungkapnya.
Begitu juga dengan rencana tol ini, Romdhoni mengatakan belum mengetahui trase yang akan dilewati. Dia juga tak paham, apakah trase tol ini sama dengan trase jalan tembus.
”Kalau secara teknis, terus terang kami belum tahu. Mungkin Bina Marga Provinsi yang tahu,’’ ungkapnya.

Berita Terkait

Berita Lainnya :