TPA Talangagung Terbakar, Kerahkan Mobil PMK


MALANG – Kebakaran terjadi di area Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Talangagung. Kemarin, kebakaran terjadi di zona 1 sel 4. Meski tidak  ada, namun tetap menjadi atensi Pemkab Malang, dengan mengerahkan empat unit mobil PMK untuk melakukan pemadaman. Dikhawatirkan, asap kebakaran yang mengepul menjadi polusi dapat berdampak negatif pada kesehatan warga sekitar. 
”Tadi begitu mendengat ada kebakaran, kami langsung hubungi PMK  Kabupaten Malang,” kata Camat Kepanjen, Abai Saleh.
Dia berharap kebakaran ini tidak terus meluas, dan meminta seluruh petugas all out melakukan pemadaman.
”Sekarang masih dilakukan pemadaman, sudah tidak ada api, tinggal asap saja,” tambah pria yang turun langsung ke lokasi kebakaran.
Abai mengaku belum tahu penyebab kebakaran ini. Namun demikian, dia mendapat informasi jika sebelumnya ada warga yang membakar sampah di area bawah.
”Mungkin, karena anginnya kencang, dan banyak daun kering, api cepat merambat,” ungkapnya. 
Api di TPA cepat membesar, lanjutnya, karena banyak benda yang mudah terbakar. Dari laporan staf UPT TPA Talangagung menyebutkan, zona yang terbakar sudah tidak lagi aktif. Sejak empat tahun zona itu tidak lagi digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. 
”Gas metan yang aktif sekarang adalah zona 3 sel 5. Gas metan di sana, disalurkan ke warga. Saat ini zona tersebut aman,’’ tambahnya.
Sementara itu, Kepala Desa Talangagung, Nur Said juga mengatakan TPA Talangagung ini berjarak sekitar 500 meter dari pemukiman warga. Kebakaran ini sempat meresahkan pihaknya.
”Pemukiman terdekat kami adalah Rekesan Kasin, jaraknya sekitar 500 meter dari sini. Mereka tidak terdampak, karena asap dari kebakaran ini mengarah ke utara,” kata dia. 
Nur mengatakan, sejak TPA Talangaung berdiri, baru sekali mengalami kebakaran. 
”Kata staf UPT TPA Talangagung, ada delapan alat pemadam ringan disediakan dan digunakan untuk melakukan pemadaman sembari menunggu PMK datang,” ucapnya. (ira/mar)

Berita Lainnya :