Wacanakan Virtual Tanda Tangan


PROSES: Dispendukcapil menginisiasi ujicoba tanda tangan virtual.
Dispendukcapil
KEPANJEN– Wakil Bupati Malang, H.M Sanusi mendesak organisasi perangka daerah (OPD) Kabupaten Malang untuk menciptakan terobosan dalam pelayanan kepada masyarakat. Satu diantaranya, adalah layanan administrasi kependudukan.
 
Gagasan Dispendukcapil Kabupaten Malang adalah mengadakan layanan tanda tangan virtual. Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Sri Meicharini mengungkapkan bahwa layanan tanda tangan virtual ini, diadopsi dari gagasan Kemendagri. 
 “Kami sedang mematangkan gagasan ini sedetail mungkin. Kami masih dalam tahapan ujicoba. Jika sudah berjalan, maka program ini bisa dipraktekkan hingga ke level kecamatan,” katanya. Tanda tangan virtual ini, bakal menyajikan pelayanan ke level berikutnya.
Hak dasar dalam administrasi kependudukan (adminduk) ditingkatkan dan dipercepat dengan tanda tangan virtual tersebut. Rini, sapaan akrabnya merinci, tanda tangan berkas adminduk, tidak lagi bergantung pada kehadiran sosok Kepala Dispendukcapil di kantor. 
Sehingga, tanda tangan virtual ini adalah solusi. “Dengan layanan tanda tangan virtual, proses pengesahan adminduk tidak lagi bergantung pada posisi kepala dinas di mana. Ketika saya ada tugas luar kantor bisa lakukan penerbitan tanpa mengurangi keabsahannya,” terang Rini. (fin/mar)
 

Berita Terkait

Berita Lainnya :