Wahid Foundation, Dampingi Desa Candirenggo Jadi Kelurahan Damai


MALANG - Wahid Foundation memuji Kelurahan Candirenggo, Kecamatan Singosari, yang mampu mewujudkan sebagai kelurahan damai. Pujian itu langsung disampaikan Asisten Director, Wahid Foundation, Visna Vulovik.
Ditemui usai mengikuti kegiatan audensi dengan pejabat Pemerintah Kabupaten Malang di Pendopo Kabupaten Malang, Jalan KH Agus Salim, Kota Malang, Visna mengatakan, program kelurahan damai yang diterapkan Kelurahan Candirenggo dapat direplikasi di seluruh desa/kelurahan se Indonesia.
Kepada Malang Post, Visna mengatakan, Kelurahan Candirenggo tak hanya unggul dalam menjaga dan melestarikan kearifan lokal, tapi di kelurahan tersebut juga menjunjung tinggi nilai gotong royong, serta memberikan kebebasan kepada mayarakat untuk memeluk agama.
Visna menyebutkan, jika Kelurahan Damai yang telah terbentuk di Kelurahan Candirenggo ini dapat direplikasi di desa atau kelurahan lain di Indonesia. "Di kelurahan ini, masyarakatnya sangat berperan aktif dalam pencegahan faham radikal, mencegah gerakan intoleransi, serts tak mudah termakan isu-isu yang dapat memecah belah," katanya.
Bukan itu saja, di Kelurahan Damai itu, kata Visna, perempuan memiliki peran sangat aktif dalam membangun desa. "Tak sekadar mampu mengelola keuangan dalam rumah tangga, tapi wanita-wanita di Kelurahan Candi Renggo juga aktif dalam mewujudkam usaha, yang mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga," urainya.
Seiring dengan audiensi yang dilakukan, Viska mengajak Pemerintah Kabupaten Malang berperan aktif dalam mewujudkan kelurahan dan desa damai. "Program kelurahan dan desa damai ini kami ciptakan salah satunya karena kearifan lokal di Indonesia yang beragam. Kami  mengajak seluruh masyarakat untuk hidup berdampingan, tanpa bermusuhan," ungkapnya.
Selain itu, dalam program Desa dan Kelurahan Damai, Wahid Foundation melakukan pembinaan kepada kaum perempuan agar mereka juga berperan aktif membangun desa dan kelurahan damai. "Kaum perempuan kami latih untuk bisa mengelola keuangan, dan kami latih menciptakan sebuah usaha, yang endingnya untuk peningkatan kesejahteraan," tandasnya.
Sementara itu, Kepala Inspektorat Kabupaten Malang Tridiyah Maestuti, salah satu pejabat yang menerima perwakilan Wahid Foundation menyambut baik audiensi tersebut. Terlebih, dalam audiensi ini juga dipaparkan beragam program tentang pemberdayaan masyarakat desa. Dukungan langsung diberikan Pemkab Malang terhadap Wahid Foundation, untuk menjadikan wilayah Desa dan Kelurahan di Kabupaten Malang untuk terus maju dan berkembang. (ira/udi)

Berita Terkait