Warga Miskin Dapat Layanan Air Bersih Gratis


MALANG - Kabar gembira disampaikan Wakil Bupati Malang, H M Sanusi kepada warga miskin di Kabupaten Malang. Karena pada tahun 2020 mendatang, seluruh warga miskin di Kabupaten Malang dapat menikmati layanan air bersih, secara cuma-suma alias gratis. Tidak hanya layanan sambungan baru, tapi juga layanan setiap bulannya.
Kabar tersebut disampaikan Sanusi saat memberikan sambutan dalam pelantikan Direktur Umum dan Direktur Teknik Perusahaan Daerah (Perumda) Tirta Kanjuruhan (PDAM), Rabu (24/4) . "Keluarga miskin tak perlu lagi membayar, semua biaya gratis untuk kebutuhan air bersihnya," katanya.
Mantan anggota DPRD Kabupaten Malang ini mengatakan, jika Perumda Tirta Kanjuruhan merupakan perusahaan milik pemerintah Kabupaten Malang. Selain bisnis, perusahaan ini juga mengedepankan misi sosial. "Nah itu sosialnya. Jadi layanan gratis ini wajib diberikan untuk keluarga miskin," urainya.
Oleh karenanya, politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini meminta kepada Direksi Perumda Tirta Kanjuruhan untuk segera melakukan pendataan. Sehingga pada awal tahun 2020 mendatang, program layanan gratis untuk warga miskin dapat langsung diterapkan. Bukan itu saja, Sanusi juga berpesan, dengan komposisi yang sudah lengkap ini, Perumda Tirta Kanjuruhan wajib melakukan perbaikan layanan.
Dia tidak mau, pegawai Perumda Tirta Kanjuruhan memberikan layanan setengah hati. "Ini penting, soal layanan. Saya minta kepada Perumda Tirta Kanjuruhan untuk membuat program layanan pembayaran berbasis online. Mulai dari pemasangan baru, pembayaran rekening setiap bulan dan lainnya," tambah pemilik hobi adventure ini.
Bukan tanpa alasan, menurut Sanusi, dengan layanan berbasis online akan meminimmalisir terjadinya pemungutan liar atau korupsi. "Terus berbenah, terutama dalam hal pelayanan. Layani pelanggan secara maksimal," ungkapnya.
Keinginan Sanusi direspon oleh Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, H M Samsul Hadi S.Sos. Kepada Malang Post, Samsul mengatakan, dalam waktu dekat langsung melakukan pendataan terhadap keluarga miskin. Tak hanya itu, dia juga berjanji untuk terus melakukan perbaikan layanan.
Samsul mengatakan, jika selama ini Perumda Tirta Kanjuruhan terus menunjukkan kinerja yang baik.  Terbukti setiap tahun pendapatan dari perumda Tirta Kanjuruhan yang terus meningkat, dan jumlah pelanggan juga terus meningkat. Dia menyebutkan, tahun 2018 lalu pendapatan dari Perumda Tirta Kanjuruhan mencapai Rp 96 Miliar. Sedangkan tahun ini target yang akan dicapai Rp 98.5 M. "Dengan pelayanan maksimal, kami yakin target tersebut dapat tercapai," ungkapnya.
Sementara itu, Pelantikan Direktur Umum dan Direktur Teknik, Perumda Tirta Kanjuruhan berlangsung gayeng. Di lantai 3 gedung Perumda Tirta Kanjuruhan, Jalan Raya Pakisaji, dua pejabat baru itu dilantik oleh Wakil Bupati Malang, H M Sanusi.
Baik Direktur Umum, Tutik Wadjawati, SE, dan Direktur Teknik, Ir. M. Haris Fadillah berjanji siap melaksanakan tugas dengan baik dan profesional. Keduanya menduduki jabatan tersebut periode 2019 - 2024 mendatang. (ira/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :