Action Figure Milik Zomi Zola Dilelang KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melelang barang rampasan dari terpidana kasus korupsi. Salah satunya action figure milik terpidana kasus suap dan gratifikasi Gubernur Jambi Zumi Zola. Lelang dilakukan atas kerja sama KPK dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III.
"Barang rampasan yang akan dilelang berupa barang elektronik, action figure, dan perhiasan," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (13/6/19).
KPK merilis aset-aset yang dilelang itu di antaranya action figure, ponsel pintar, perhiasan, hingga pakaian mahal. Nilai batas lelang variatif mulai dari Rp 2 jutaan, hingga Rp45 jutaan. Dari deretan barang lelang tersebut, yang paling mahal adalah paket action figure karakter komik Marvel senilai Rp45 juta milik Zumi. Untuk action figure milik Zumi terdiri dari sejumlah karakter Marvel, salah satunya adalah set action figure Black Panther. Kemudian, karakter antagonis di komik Spiderman seperti Electro, Vulture, dan Lizard. Selain itu terdapat juga karakter dari komik X-Men yakni Cable.
 
Lelang ini dilakukan KPK karena vonis hakim Pengadilan Tipikor sudah berkekuatan inkrah. Zumi dijatuhi hukuman penjara selama enam tahun dan denda Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan karena terbukti bersalah menerima gratifikasi dan menyuap 53 Anggota DPRD Jambi terkait Rancangan APBD 2017.
Febri mengatakan, lelang akan digelar pada Selasa, 25 Juni pukul 10.30 WIB. Pelaksanaan Lelang dilakukan tanpa kehadiran peserta lelang dengan melakukan penawaran secara tertutup melalui internet (closed bidding) di alamat website www.lelang.go.id.
Informasi lelang dapat dilihat di website KPK. Selengkapnya, silakan melihat di https://www.kpk.go.id/id/publikasi/pengumuman-lelang/pengumuman-lelang-barang-rampasan/982-pengumuman-lelang-eksekusi-barang-rampasan-kpk-12-juni-2019
"Calon peserta lelang dapat melihat obyek yang akan dilelang pada Senin tanggal 24 Juni 2019 Pukul 10.00 WIB s/d 15.00 WIB di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi Gedung Merah Putih, Jakarta," kata Febri. (lip6/cnn/oci)

Berita Terkait