Densus Ringkus 4 Terduga Teroris di Tangerang


JAKARTA - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 melakukan penangkapan terduga teroris di Kota Tangerang, Rabu (16/5) . Penggerebekan itu berlangsung di tiga lokasi berbeda.
Tempat Kejadian Perkara (TKP) pertama di sebuah rumah kontrakan Jalan Gempol Raya. TKP lain di Perumahan Ubud 2 Kunciran dan terakhir Jalan Delima Perumahan Kunciran Mas Permai. Keterangan sementara dari salah satu petugas yang enggan disebutkan namanya menyebut, tim Densus 88 berhasil mengamankan 4 orang terduga teroris. Satu di antaranya perempuan. "Informasi yang saya dengar ada 4 yang diamankan, 3 di TKP sini (Jalan Gempol Raya) dan 1 di Ubud. 3 cowok, 1 cewek," ungkapnya di Jalan Raya Gempol, Kunciran, Kota Tangerang.
Kapolres Metro Tangerang Kombes Harry Kurniawan membenarkan adanya penangkapan ini. “Benar mas, ada tiga yang sudah ditangkap,” kata dia.
Menurut dia, penangkapan ini baru saja berlangsung. Tim densus menangkap pelaku tanpa ada perlawanan.  "Penangkapan tidak ada perlawanan. Dilakukan secara persuasif oleh rekan densus," imbuh dia.
Meski begitu, mantan Kapolres Metro Depok ini masih enggan memerinci identitas terduga teroris yang diringkus itu.  “Yang pasti ada tiga, satu wanita. Sekarang masih diperiksa,” tambahnya.
Di TKP pertama sendiri tim Densus 88 diduga mengamankan 3 orang tersangka, terdiri atas 2 laki-laki dan 1 perempuan. Penangkapan di TKP ini tidak diwarnai dengan perlawanan berarti oleh terduga teroris.
Menurut kesaksian warga sekitar bernama Eko, 48, penangkapan dilakukan sekitar pukul 11.30. Tim Densus sendiri datang menggunakan 2 kendaraan panser lengkap dengan senjata dan rompi anti peluru.
"Nggak tahu gimana ditangkapnya, warga dihadang waktu penangkapan. Kejadian sekitar setengah 12 siang," jelas Eko.
Setelah selesai di TKP 1, tim Densus 88 kemudian bergeser ke TKP 2 di Perumahan Ubud 2, jarak antarlokasi ini tidak terlalu jauh, hanya sekitar 400 meter. Di TKP ini diduga Densus mengamankan 1 orang terduga teroris.
Tak lama berselang, tim Densus 88 kembali menyisir daerah sekitar. Salah satu rumah di Jalan Delima, Perumahan Kunciran Mas Permai pun diperiksa oleh petugas.
Dari pantauan JawaPos.com, di TKP ketiga itu tim Densus tidak terlihat menangkap satu orang pun. Namun mereka terlihat mengamankan beberapa barang bukti seperti alat untuk latihan olahraga panah.
Saat ini di setiap lokasi masih dijaga ketat oleh petugas dan dipasangi garis polisi (police line). Warga yang penasaran memadati sekitar TKP. Selain menerjunkan tim Densus 88, operasi ini juga turut dibantu oleh prajurit TNI Kodim 0506 Koramil Cipondoh. Kapolres Tangerang Kota Kombes Pol Harry Kurniawan juga terlihat hadir di lokasi.
(jpc/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :