Dirawat di Penang Kondisi Ustadz Arifin Ilham Membaik


MALAYSIA - Pimpinan Majelis Zikir Az-Zikra Ustadz Arifin Ilham saat ini sedang menjalani pengobatan di rumah sakit di Penang, Malaysia. Seperti apa kondisinya sekarang? "Alhamdulillah perkembangannya membaik," kata Penasihat dan Dewan Syariah Az-Zikra, KH Abah Raodl Bahar Bakry, Sabtu (12/1/2019).
Menurut Abah Raodl, Ustadz Arifin Ilham sudah mendapat penanganan terbaik. Ustadz Arifin juga bisa menjalani perawatan dengan tenang karena dimasukkan ke ruangan steril dan tidak boleh dibesuk. "Karena di sana memang ahlinya, Alhamdulillah sekarang setiap hari membaik dan di sana tidak boleh ditengok. Di Indonesia yang nengok setiap hari ratusan," ucapnya.
Abah Raodl kemudian menceritakan penyebab kesehatan Ustadz Arifin menurun. Menurutnya, Ustadz Arifin saat itu seharusnya masih dalam masa pemulihan, tapi dia tetap beraktivitas seperti biasa, misalnya berkuda dan ceramah di mana-mana.
"Kemarin itu sesungguhnya begini, beliau sudah sukses diambil kankernya. Kemudian tahapan berikutnya diprogram dengan kemoterapi. Program kemoterapi juga sudah selesai. Cuma program kemoterapi itu kan memasukkan racun ke dalam tubuh untuk menahan pertumbuhan kanker itu tidak tumbuh kembali. Nah semestinya Ustadz Arifin Ilham istirahat tidak melakukan kegiatan apa-apa. Ini tetap saja seperti biasa, berkuda, menerima undangan ceramah, dan lain-lain seperti orang yang sehat. Maka droplah beliau, maka dibawa ke RSCM," jelasnya.
Di RSCM, menurut Abah Raodl, Ustadz Arifin hanya mendapat penanganan sementara. Setelah kondisinya membaik, Ustadz Arifin diterbangkan ke Penang, Malaysia, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. "Perkembangan terakhirnya bagus," tuturnya. (dtc/det/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :