Hasil Evaluasi KPU, Tak Ada Lagi Kisi-kisi Debat Capres


JAKARTA - KPU menggelar rapat evaluasi debat capres pertama. Evaluasi juga dilakukan untuk menentukan format dan mekanisme debat capres kedua. Pantauan di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019) rapat dimulai pada pukul 16.59 WIB.
Rapat evaluasi dilakukan secara tertutup di ruang rapat KPU. Rapat dipimpin langsung oleh Ketua KPU Arief Budiman, didampingi komisioner KPU Wahyu Setiawan dan Ilham Saputra. Rapat juga dihadiri anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin serta perwakilan masing-masing timses.
Timses yang hadir di antaranya Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Aria Bima, serta Lukman Edy. Sedangkan dari pihak pasangan nomor urut 02, hadir Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso.
Selain itu, hadir moderator debat pertama Ira Koesno dan Imam Priyono serta perwakilan stasiun televisi penyelenggara debat pertama dan debat kedua.
Hasilnya, KPU memetik pelajaran dari gelaran debat capres perdana 2019 usai melakukan evaluasi berdasarkan masukan dan kritik dari berbagai pihak dan masyarakat. Atas dasar itu, pada debat kedua Pilpres 2019 nanti tidak ada bocoran kisi-kisi seputar pertanyaan kepada masing-masing calon.
Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan, selain kisi-kisi, pihaknya juga tak akan memberi tahu perihal format debat akan seperti apa. "Abstraksi kisi kisi tidak dikasih tahu ke paslon. Format debat tidak dikasih tahu ke paslon agar tampil lebih memukau mendalami visi misi program dan pemikiran membangun Indonesia lima tahun mendatang," kata Wahyu di Gedung KPU, Jakarta, Senin (21/1).
Wahyu memaparkan kebijakan ini dilakukan sebab pemberian kisi-kisi menjadi salah satu yang menarik perhatian banyak pihak. Kisi-kisi bahkan disebut menjadi penyebab debat perdana kedua pasangan capres-cawapres pada pekan lalu terlihat normatif.

Berita Terkait

Berita Lainnya :