Jelang Debat Pilpres, Kubu 02 'Paksa' Prabowo Hafalkan Singkatan, Petahana Lihat 'Sikon'


JAKARTA - Debat antara Joko Widodo dengan Prabowo Subianto akan digelar pada Minggu (17/2) hari ini. Terkait strategi debat kedua ini, masing-masing tim kampanye mengaku telah mempersiapkan dengan maksimal.
Debat yang dipandu dua moderator, Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki itu akan mengangkat tema Energi, Pangan, Infrastruktur, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Hidup. Anggota Tim Ekonomi, Penelitian dan Pengembangan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo–Sandiaga, Harryadin Mahardika, mengungkapkan Prabowo akan tampil agak agresif.  Meski begitu, tim memastikan Prabowo tidak akan menyerang personal Jokowi.
“Tim membuat materi debat hanya memberi saran. Tapi yang debat Pak Prabowo. Beliau punya karakter sendiri. Kami juga salut dan gemes lihatnya. Beliau konsisten sebagai negarawan, guru bangsa. Tidak akan menyentuh ranah personal. Tidak akan menanyakan singkatan. Kami beri saran agak agresif sedikit,” ujarnya dikawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (16/2).
Bahkan, katanya pihaknya sempat memaksa Ketua Umum Gerindra itu untuk menghapal singkatan-singkatan. Hal ini untuk mengantisipasi pertanyaan dari Jokowi seperti debat tahun 2014 lalu. Sebab, pada saat itu Prabowo tidak mampu menjawab pertanyaan dari Jokowi. Namun, dia mengungkapkan saran tersebut ditolak mentah-mentah oleh Prabowo.  “Persiapan menarik. Saya agak memaksa Pak Prabowo menghapal singkatan karena khawatir akan ditanyakan, Pak Prabowo yakin Pak Jokowi sudah berubah, sudah jadi negarawan, tidak seperti dulu. Kita sudah siapkan ratusan singkatan tapi beliau enggak mau,” ungkapnya.
Sementara itu, di kubu lawan, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Ma’ruf Amin mengatakan petahana akan lebih dahulu melihat jalannya debat untuk menyusun strategi.
Jubir TKN, Ace Hasan Syadzily menyebut capresnya akan melihat situasi untuk menyerang atau bertahan dalam debat. “Tergatung situasi debat (dalam melalukan serangan),” katanya
Jokowi, disebut Ace, sangat siap menghadapi debat. Terlebih tema debat menurutnya sangat dikuasai Jokowi.  “Tidak ada persiapan khusus. Tema yang diangkat juga bisa dikatakan Jokowi banget,” pungkasnya. (jpnn/det/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :