Kasus Pencucian Uang Rp 1,6 Triliun, Istri CEO Abu Tours Ditahan


MAKASSAR - Polisi resmi menetapkan Komisaris PT Abu Tours and Travel, Khairuddin sebagai tersangka. Selain itu, Polisi juga menetapkan istri CEO Abu Tours Nursyariah Mansyur, sebagai tersangka.
Nuryariah sebelumnya telah diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan penipuan dana umrah Abu Tours sebesar Rp 1,6 triliun yang diproses oleh Polisi sejak Februari 2018 lalu. Ia resmi menyandang status tersangka dan langsung ditahan. "Istri Hamzah Mamba telah ditetapkan sebagai tersangka, sore ini (kemarin, red.) akan ditahan bersama tersangka Abu Tours yang lain. Dia dikenakan pasal pencucian uang," kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Dicky Sondani, Selasa, (10/7/2018).
Meski polisi belum merinci keterlibatan istri orang nomor satu di Abu Tours, namun diduga kuat, tersangka ikut menikmati uang jemaah umrah Abu Tours untuk kepentingan pribadi, termasuk pembelian sejumlah aset yang telah disita oleh Polisi."Untuk lebih detailnya, kita akan rilis besok pagi. Yang jelasnya tersangka ini sudah akan kami tahan. Besok kita akan hadirkan lagi," lanjut Dicky.
Sebelumnya, Polda Sulsel juga telah menetapkan seorang tersangka baru, yakni komisaris PT Abu Tours and Travel, Khairuddin yang atas dugaan penerimaan aliran dana jemaah umrah yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Ia dijerat dengan pasal 372 pasal 55 KUHP dan pasal 55 UU nomor 8 tahun 2010 tentang TPPU.
Dalam kasus Abu Tours, Polisi telah resmi menetapkan empat orang tersangka. Masing-masing, CEO PT Abu Tours, Hamzah Mamba alias Abu Hamzah (37) bersama mantan Manajer Keuangan Abu Tours, M. Kasim. Serta dua tersangka baru yang ditetapkan kemarin.
Kasus penipuan umrah Abu Tours bergulir selama lebih dari lima bulan. "Kita sudah tetapkan komisaris PT Abu Tours, Khairuddin ini sebagai tersangka. Ia diduga telah menerima aliran dana umrah dari bos Abu Tours, Hamzah Mamba untuk kepentingan pribadinya," kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Dicky Sondani, kemarin.
Khairuddin diduga ikut menikmati uang miliaran rupiah dari hasil penggelapan uang umrah jemaah yang ia belikan mobil dan satu buah rumah serta berangkat umrah bersama keluarganya secara gratis dari Abu Tours. Polisi juga berencana akan melakukan penyitaan aset tersangka. (cnn/ra/udi)

Berita Lainnya :

loading...