Komisi III DPR Uji Kepatutan 11 Calon Hakim Konstitusi


JAKARTA - Komisi III DPR menggelar uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) sebelas calon hakim konstitusi, kemarin. Hasilnya akan disampaikan hari ini. Uji kepatutan dan kelayakan digelar di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/2/2019).
Wakil Ketua Komisi III F-Gerindra, Desmond Mahesa Gerindra, memimpin jalannya uji tersebut. "Ini kan ada 11 orang. Dua hari, hari ini sampai malam, besok sampai malam. Besok malam (har ini, red.) pengambilan keputusan," kata Desmond.
Menurut Desmond, uji kepatutan dan kelayakan terhadap sebelas calon hakim konstitusi ini sangat transparan. Ia pun mengaku cukup puas dengan uji kepatutan dan kelayakan hari ini. "Ini sesuatu yang sangat transparansi dan terbuka," ujarnya.
Ada enam calon Hakim Konstitusi dari total 11 calon yang menghadapi berbagai pertanyaan oleh anggota-anggota Komisi III DPR RI, kemarin. Enam calon Hakim Konstitusi yang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) kemarin, masing-masing Hesti Armiwulan Sochmawardiah, Aidul Fitriciada Azhari, Bahrul Ilmi Yakup, Galang Asmara, Wahiduddin Adams dan Refly Harun.
Sedangkan untuk lima calon Hakim Konstitusi lainnya akan diseleksi pada Kamis (7/2/2019). Kelima calon tersebut masing-masing Aswanto, Ichsan Anwari, Askari Razak, Umbu Rauta dan Sugianto. Dari 11 calon Hakim Konstitusi, dua diantaranya adalah petahana, yakni Wahiduddin Adams dan Aswanto.
Rapat komisi III agenda fit and proper test calon Hakim Konstitusi itu dipimpin oleh Desmon J Mahesa Wakil Ketua Komisi III. (dtc/det/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :