Rich Chigga, Rapper Muda Internasional Adalah Orang Indonesia


Siapa bilang tak ada musisi kelahiran Indonesia yang bisa sukses di kancah dunia? Siapa pula yang bilang bahwa Brian Imanuel alias Rich Chigga, rapper internasional dengan 57 juta viewers di Youtube bukan orang Indonesia? Meskipun Brian beretnis China dan sedang tinggal di California, Amerika Serikat, Rich Chigga, adalah orang Indonesia tulen.
Pada awal kemunculannya di video klip di Youtube ‘Dat Stick’ pada 2016, banyak hoax yang menyebut bahwa dia adalah orang Amerika keturunan China. Ada pula yang  menyebut dia berasal dari Taiwan atau Hongkong. Namun, Rich Chigga, adalah pemuda 17 tahun asal Jakarta yang melejit sebagai rapper internasional lewat Youtube.
Foto ini diambil dari Instagram pribadi Rich Chigga, yaitu @brianimanuel yang diunggah pada Mei 2017 lalu. Dalam foto tersebut, Rich Chigga berfoto bersama produser sekaligus penyanyi kenamaan Amerika, Pharrell Williams. Dia baru saja menjalani interview bersama Pharrell di California.
Rich Chigga, lahir di Jakarta pada 21 September 1999. Orangtuanya adalah etnis Tionghoa Indonesia. Rich Chigga tumbuh di lingkungan urban Jakarta Barat dan tak pernah masuk sekolah formal. Orangtuanya lebih memilih Rich Chigga masuk home schooling. Pada usia 11 tahun, Rich Chigga mulai mengenal Youtube.
Dia belajar bahasa Inggris secara otodidak dari internet. Bungsu dari empat bersaudara ini menyukai bahasa Inggris-Amerika yang ditampilkan oleh rapper-rapper populer. Dari situlah, Rich Chigga semakin fasih bahasa Inggris. Pada Februari 2016, Rich Chigga meledak lewat video klip Youtube, Dat Stick yang direkam di kampung sekitar perumahannya.
Video ini menuai viewers 57 juta orang karena orisinalitas Rich Chigga. Lirik musik rap berbahasa Inggris dibalut dengan komedi karena Rich Chigga mengenakan kaus pink, celana pendek, serta tas pinggang yang jauh dari kesan glamor rapper-rapper Amerika. Gaya satirnya membuat nama Rich Chigga melejit.
Setelah Dat Stick, dia dipuji oleh rapper besar seperti Ghostface Killah hingga Desiigner. Video rapnya yang lain, Who That Be menuai 15 juta viewers. Selain tampil solo, Rich Chigga juga berkolaborasi dengan banyak rapper dan musisi internasional. Antara lain, Diplo, Skrillex, XXXTentacion hingga fenomena rap Asia Timur, Keith Ape.
Lewat single Gospel, Rich Chigga menuai 14 juta viewers di Youtube. Berangkat dari hoax, Rich Chigga akhirnya mendapat pengakuan dari masyarakat Indonesia pada tahun 2017 setelah dia memenangkan Breakthrough Artist of the Years di Indonesian Choice Awards. Sayangnya, dia tak lagi tinggal dan berkarir di Indonesia.
Sejak Basuki Tjahaja “Ahok” Purnama diadili dan dipenjara serta meningkatnya sentimen terhadap etnis Tionghoa di Jakarta, Rich Chigga migrasi ke California AS.(fin)

Berita Terkait

Berita Lainnya :