Seluruh Korban di Gua Thailand Diselamatkan


THAILAND - Dua belas remaja anggota tim sepak bola Wild Boars bersama satu pelatihnya berhasil diselamatkan setelah terjebak di Gua Tham Luang, Thailand, selama dua pekan. "Kedua belas anggota Wild Boars dan pelatihnya sudah keluar dari gua dan mereka selamat," demikian pernyataan unit angkatan laut Thailand melalui akun Facebook mereka, Selasa (7/7).
Para pemain sepak bola tim lokal Wild Boars berusia 11-16 tahun itu mengunjungi gua tersebut bersama seorang pelatih mereka setelah melakukan latihan rutin pada 23 Juni lalu. Thailand langsung menerjunkan pasukan penyelamat untuk mengevakuasi para remaja tersebut. Kesulitan utama penyelamatan ini adalah letak gua yang berada di kedalaman 600 meter di bawah permukaan tanah.
Selain medan sempit dan sulit dijangkau, curah hujan tinggi juga membuat tim penyelamat kesulitan mengevakuasi anak-anak lantaran sebagian gua terendam banjir. Salah satu relawan sekaligus mantan angkatan laut Thailand, Saman Guman, bahkan tewas saat melakukan misi penyelamatan. Sejumlah relawan dari negara-negara di Eropa, Asia, Australia, dan Amerika Serikat pun mengulurkan tangan mereka.
Sebelumnya, Tim Penyelamat dilaporkan berhasil mengevakuasi orang kesebelas dari 13 warga yang terjebak di Gua Tham Luang, Thailand, sejak dua pekan lalu. "Orang kesebelas sudah keluar," ujar seorang sumber dari angkatan laut Thailand kepada AFP, kemarin.
Namun, sumber itu tak menjelaskan lebih lanjut identitas orang terakhir yang diselamatkan tersebut. Seorang pejabat lainnya juga hanya memastikan bahwa orang itu langsung dilarikan ke pusat medis.
Dengan penyelamatan ini, total tiga orang dievakuasi dari dalam gua tersebut kemarin, menyusul delapan remaja yang sudah diselamatkan terlebih dulu. Para pemain sepak bola tim lokal Wild Boars berusia 11-16 tahun itu mengunjungi gua tersebut bersama seorang pelatih mereka setelah melakukan latihan rutin pada 23 Juni lalu. (cnn/det/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :