Jadwal Maju, Latihan Lebih Awal


BATU – Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) VI Jatim 2019 bakal maju dari jadwal sebelumnya. Meski tidak semua jadwal pertandingan maju, namun beberapa cabor memiliki jadwal lebih awal, seperti paralayang dan sepak bola. Mendapatkan jadwal maju, KONI Kota Batu tidak merasa kelabakan dengan persiapan.
Pertandingan sepak bola, Kota Batu sebelumnya mendapatan jadwal pada Juli di Stadion Surajaya Lamongan. Namun jadwal pertandingan tersebut maju dan Kota Batu bertanding mulai 26 Juni ini. Begitu juga paralayang, atlet Kota Batu harus melakukan pertandingan mulai 30 Juni.
Ketua Koni Kota Batu, Drs Mahfud mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan jadwal pertandingan yang maju dari jadwal sebelumnya. Dia kemudian meneruskan informasi tersebut kepada semua pelatih, terutama sepak bola dan paralayang.
"Jadwal latihan akan lebih intensif dengan jadwal pertandingan yang maju. Misalnya sepak bola sudah mulai latihan fisik dan taktik di Stadion Brantas Kota Batu, besok (hari ini. Begitu juga dengan paralayang, mulai latihan lagi," ujar Mahfud kepada Malangp Post, Selasa (11/6).
Dengan adanya perubahan jadwal, pihaknya tetap melaksanakan sport science. Kegiatan sangat penting untuk meningkatkan prestasi atau mencapai target.
"Untuk sport science, kami sudah proses MoU dengan salah satu Perguruan Tinggi di Malang. Jadwal sport science bersamaan dengan karakter building segera dilakukan," bebernya.
Dalam sport science, pelatih dan atlet mengikuti materi dan praktik meliputi fisiologi, psikologi dan biomekanika. Pelaksanaan sport science ini, diungkap Mahfud sangat penting untuk memperbaiki program latihan sekaligus mengevaluasi kemampuan dan memonitor kondisi atlet.
"Tak hanya sport science, kami juga memberikan fasilitas atlet berupa pemeriksaan kesehatan rutin hingga fasilitasi refleksi untuk olahraga fisik dan keras," imbuhnya.
Dalam Porprov yang mempertandingkan 33 cabor ini, KONI Kota Batu mengirimkan 198 atlet dan official 51 dari 23 cabor. Target Kota Batu 10 medali emas. (eri/feb)

Berita Terkait