Pelari Kota Malang Sabet Emas SEA Games

 
MALANG - Atlet atletik asal Kota Malang, Atjong Tio Purwanto bikin warga Kota Malang bangga. Ia mengibarkan Merah Putih sekaligus menambah pundi emas Indonesia di Malaysia, tempat SEA Games digelar tahun ini. 
Atjong meraih medali emas di nomor halang rintang 3.000 meter putra di National Stadiun Bukit Jalil dengan kecepatan waktu 9 menit, 03,94 detik. Dalam pertandingan yang digelar Sabtu (26/8) sore itu, ia berhasil mengalahkan  dua atlet andalan Vietnam yang berada di posisi peraih perak dan perunggu. Masing-masing, Pham Tien San dan Do Quoc Luat.
Saat dihubungi Malang Post melalui telepon, Atjong sangat bangga karena berhasil menyentuh garis finis tercepat. “Sebenarnya persiapan sebelum ikut SEA Games tidak terlalu bagus, pasalnya pada bulan April saya baru bergabung untuk ikut latihan. Sehingga waktu yang saya miliki sangat mepet,” katanya. 
Prestasi Atjong memang luar biasa. Saat persiapan awal, ia sering mengalami cedera. Bahkan ketika mengikuti try out pertama,  waktu yang ditorehkannya tidak memuaskan. Namun karena motivasi yang diberikan oleh keluarga, tempat dinasnya, rekan-rekan dan pelatih, akhirnya berhasil menyabet medali emas. 
"Saya berterimakasih kepada semua orang yang selalu mendukung saya dalam berbagai keadaan. Utamanya pelatih, komandan, dan rekan-rekan. Mereka selalu memberikan semangat dan itu menjadi tenaga baru bagi saya," ungkap prajurit Yonif Mekanis 521 Kodam Brawijaya ini. 
Atlet berusia 25 tahun ini memang gigih berjuang jelang turun di SEA Games walau catatan waktunya sempat tak bagus. Ia tekun berlatih dan mempersiapkan diri.  “Sebelumnya pada ajang uji coba SEA Games 2017 di Stadion Rawamangun Jakarta Timur, 15 Juli lalu, saya hanya meraih waktu 9 menit 9,06 detik. Sementara dalam kejuaraan atletik 2017 di Thailand, waktu yang saya raih 9 menit 18 detik,” paparnya. 
Pelatih Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Malang, Onny Chandra Sofi SE sangat bangga dengan prestasi yang ditorehkan di SEA Games. Menurutnya, Atjong Tio merupakan salah satu atlet asal Kota Malang yang bisa mengharumkan nama bangsa. 
Atjong kata Onny, mulai bergabung di PASI Kota Malang sejak masih  SMP. “Saat memulai karirnya sebagai atlet baru, Atjong sudah mengalahkan atltet senior dalam berbagai kejuaraan. Sehingga grafik dalam meraih prestasi meningkat, mulai dari kejurda, kejurprov, kejurnas hingga SEA Games,” imbuhnya.(eri/van)