Rifda Raih Emas Pertama Senam

 
KUALA LUMPUR - Rifda Irfanaluthfi berhasil mempersembahkan medali emas untuk kontingen Indonesia dari cabang olahraga senam di SEA Games 2017 di Kuala Lumpur. Itu menjadi emas perdana dari senam.
Rifda memastikan emas setelah menjadi yang terbaik pada senam artistik nomor balok keseimbangan dalam perlombaan di MATRADE Exhibition and Convention Centre, Segambut, Rabu (23/8/2017). Rifda meraih nilai total 13.125.
Dia ditempel ketat oleh pesenam tuan rumah, Tan Ing Yueh, di peringkat kedua dengan nilai 13.100. Sementara itu, perunggu menjadi milik pesenam Filipina, De Guzman, Kaitlin Cera Lianne De La Cruz.
Sukses itu menjadi medali emas pertama senam di SEA Games 2017 Kuala Lumpur dari 13 nomor yang sudah dilombakan. Untuk sementara, Indonesia berada di urutan keempat dengan perolehan satu emas, dua perak, dan empat perunggu. Malaysia masih menjadi negara terkuat dengan lima medali emas, empat perak, dan dua perunggu.
Bagi Rifda, emas itu menjadi medali keempat yang diraihnya. Sebelumnya, Rifda meraih medali perak dari nomor meja lompat dan perunggu dari perunggu bagi Indonesia untuk nomor palang bertingkat. Selain itu, bersama Amalia Fauziah Nurun, Nubuwah, Armartiani, dan Tazsa Miranda Devira, Rifda mendapatkan medali perunggu.
Hasil ini menghentikan penantian Rifda akan emas di ajang besar. Remaja 17 tahun itu sebelumnya hanya mentok di medali perak SEA Games 2015 dan perunggu di Islamic Solidarity Games. Di kejuaraan dunia, dia belum berhasil mendapatkan medali.
"Ini kejutan. Tadinya aku menargetkan medali emas di nomor lantai, ternyata aku dapatnya di balance beam. Seneng banget karena ini pertama kali dapat medali emas dan juga bisa mengibarkan bendera merah putih di tanah Malaysia," kata Rifda selepas pengalungan medali. (dtc/bua)

Berita Terkait

Berita Lainnya :